sveosportu.com

Tersisa Aston Villa, Wakil Inggris di Kompetisi Eropa

Aston Villa menjadi wakil Inggris yang masih bertahan di kompetisi Eropa. (Hendy Andika/Skor.id).

- Aston Villa musim ini tampil cukup mencuri perhatian, setelah menjadi salah satu tim yang berpeluang finis di peringkat empat besar klasemen akhir Liga Inggris (Premier League).

Selain itu, Aston Villa juga menjadi satu-satunya klub Liga Inggris yang masih bertahan di kompetisi Eropa, tepatnya di ajang Europa Conference League.

Aston Villa berhasil melaju ke babak semifinal Europa Conference League, setelah menyingkirkan wakil Pranic, OGC Nice di babak perempat final.

Pada babak semifinal Aston Villa akan berhadap dengan wakil Yunani, Olimpiacos, jika berhasil menyingkirkan lawannya tersebut, The Villans akan menghadapi pemenang antara Fiorentina dan Club Brugge di laga final.

Skuad asuhan Unai Emery patut berbangga, mereka menjadi satu-satunya tim Liga Inggris yang tersisa di kompetisi Eropa, setelah perwakilan lainnya gugur di ajang Liga Champions dan Liga Europa.

Liga Champions

Empat wakil Liga Inggris tampil di ajang Liga Champions kali ini, mereka adalah Arsenal, Manchester City, Manchester United, dan Newcastle United.

Manchester United dan Newcastle United tampil kurang mengesankan, sehingga kedua tim tersebut teringkir di fase grup.

Arsenal dan Manchester City lebih menjanjikan, kedua tim tersebut bahkan menjadi pemuncak grup, dan kemudian mengalahkan lawan mereka di babak 16 besar.

Arsenal menyingkirkan FC Porto, sedangkan Manchester City menggulung wakil Denmark, Kopenhagen dengan agregat 6-2.

Namun, langkah kedua tim tersebut terhenti di babak perempat final, The Gunners dihentikan Bayern Munchen, sedangkan The Citizens disingkirkan Real Madrid, wakil Liga Inggris pun tak tersisa di semifinal Liga Champions musim ini.

Liga Europa

Tiga wakil Inggris berlaga di ajang Liga Europa, mereka adalah Liverpool, West Ham United, dan Brighton & Hove Albion.

Ketiga wakil Inggris ini tampil cukup menjanjikan, mereka berhasil menjadi pemuncak klasemen di fase grup, West Ham United di Grup A, Brighton di Grup B, dan Liverpool di Grup E.

Langkah Brighton terhenti di babak 16 besar setelah disingkirkan AS Roma dengan agregat 4-1.

West Ham dan Liverpool terus melaju, tetapi mereka akhirnya terhenti di babak perempat final, The Hammers takluk di tangan Bayer Leverkusen, sementara The Reds disingkirkan Atalanta.

Europa Conference League

Aston Villa tampil di Europa Conference League melalui babak kualifikasi, dan sukses menyingkirkan Hibernian dengan agregat 8-0.

Tampil di Grup E Conference League, Aston Villa mengawali kompetisi dengan kekalahan 2-3 dari Legia Warsawa, tetapi mereka akhirnya berhasil keluar menjadi juara grup.

Pada babak 16 besar, The Villans sukses menyingkirkan Ajax Amsterdam, diikuti kesuksesan mereka mengalahkan Lille di babak perempat final.

Kini Aston Villa sukses melaju ke semifinal Conference League dan akan menghadapi Olimpiakos, ini akan menjadi pertemuan pertama kedua tim di ajang resmi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat