sveosportu.com

Thailand Open: 7 Wakil ke Perempat Final, Ganda Putra Habis

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pebulu tangkis ganda putra Indonesia. (Dede Mauladi/Skor.id)

– Dari 10 wakil Indonesia yang bertanding di babak 16 besar Thailand Open 2024, tujuh berhasil melenggang ke perempat final. Sayang, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tidak termasuk di dalamnya.

Ganda putra veteran Merah Putih itu terhenti pada 16 besar setelah kalah dua gim langsung dari pasangan Taiwan Chiang Chien-wei/Wu Hsuan-yi, 15-21, 16-21, di Nimibutr Stadium, Bangkok, Kamis (16/5/2024). 

Ahsan/Hendra mengaku sudah berusaha keras namun tetap kesulitan menghadapi Chiang/Wu yang tampil solid, baik saat menyerang maupun bertahan.  

“Kami sudah berjuang maksimal. Mereka (Chiang/Wu) tidak gampang mati. Pertahannya sangat kuat. Lawan juga memiliki tenaga dan kecepatan,” tutur Hendra Setiawan melalui rilis PBSI usai laga.

“Beberapa kali bisa kami serang tetapi tidak tembus juga. Sebaliknya, saat kami diserang balik, tiga kali bisa kemi kembalikan. Setelah itu akhirnya tembus juga. Harus diakui lawan bermain lebih baik.”

Tak cuma Ahsan/Hendra, ganda putra Indonesia lainnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri juga tersisih. Unggulan kedua Thailand Open kalah dari Kim Gi-jung/Kim Sa-rang (Korea Selatan), 20-22, 13-21.

Dengan gugurnya Ahsan/Hendra dan Bagas/Fikri, Merah Putih tidak punya wakil lagi di sektor ganda putra. Sebelumnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Sabar Karyaman Gutama/Muh. Reza Pahlevi Isfahani terjegal di babak pertama.      

“Kami kalah sabar. Dengan karakter shuttlecock yang berat, serangan-serangan kami tidak berhasil. Selain itu, pertahanan lawan juga sangat kuat. Kami akui kalah sabar dan akhirnya banyak melakukan kesalahan sendiri,” Fikri menuturkan.

Dari sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung mengamankan tiket perempat final setelah lawannya, wakil tuan rumah Busanan Ongbamrungphan mundur pada paruh gim kedua. Pertandingan dimenangkan Jorji dengan skor 21-15, 14-6.

Kesuksesan Gregoria berhasil disusul Komang Ayu Cahya Dewi. Tunggal putri asal Bali ini mampu bangkit untuk mengamankan kemenangan tiga gim atas Sim Yu-jin (Korea Selatan), 19-21, 21-19, 21-14. 

Kemudian dari ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi juga melangkah ke delapan besar seusai mengatasi perlawanan Yataweemin Ketklieng/Passa-Orn Phannachet (Thailand), 21-9, 21-10.

Sementara itu, di sektor ganda campuran, empat wakil Indonesia sukses ke perempat final. Pertama Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri yang mengalahkan Mads Vestergaard/Christine Busch asal Denmark, straight game, 22-20, 21-14.

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati juga lolos setelah menaklukkan Choong Hon Jian/Go Pei Kee (Malaysia), 21-15, 21-15. Begitu pula Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang menang atas Lin Bing-wei/Lin Chih-chun (Taiwan), 21-13, 21-18.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga ke perempat final berkat kemenangan lawan Sathish Kumar Karunakaran/Aadya Variyath (India), 21-19, 21-17. Sayangnya, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah gagal menyusul. 

Langkah mereka harus terhenti di babak 16 besar Thailand Open tahun ini setelah menelan kekalahan dari ganda campuran tuan rumah Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat, 14-21, 18-21. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat