sveosportu.com

Thailand Open 2024: Lolos ke Final, Ana/Tiwi Jaga Asa Juara

Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma

– Wakil Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi berhasil melangkah ke babak final Thailand Open 2024.

Ganda putri Merah Putih itu menumbangkan perlawanan Rin Inagawa/Kie Nakanishi dari Jepang pada laga semifinal yang digelar Sabtu (18/5/2024).

Ana/Tiwi mengakhiri pertandingan dengan kemenangan straigt game, 21-12, 21-10 di Nimibutr Stadium, Bangkok untuk melaju ke final turnamen BWF Super 500 perdana mereka.

“Bersyukur bisa meraih kemenangan. Keberhasilan ini merupakan partai final pertama kami di turnamen level super 500,” ungkap Febriana, yang akrab disapa Ana.

“Kami mengucap syukur alhamdulillah dan rasanya susah untuk mengungkapkan dengan kata-kata keberhasilan ini.”

Menghadapi Inagawa/Nakanishi, Ana/Tiwi lebih banyak bermain menyerang. Strategi itu pun berhasil membuat lawan tertekan sepanjang pertandingan.

“Karena ingin menang, kami terus menekan dan menyerang lawan. Kami tidak merasa capek meski terus menerus menggempur lawan,” Ana menjelaskan.

“Dari awal dengan shuttlecock yang berat, kami hanya siap capek dan mau bekerja keras. Karena keinginan mau menang itu begitu besar, rasa capek tidak ada.”

Ganda putri peringkat 18 dunia itu juga puas dengan permainan yang mereka tunjukkan karena tampil sesuai dengan strategi yang sudah direncanakan.

“Kami bermain seperti yang sudah direncanakan. Yaitu membuat lawan terus berada pada zona yang tidak nyaman,” ujar Tiwi, sapaan karib Amallia Cahaya Pratiwi.

“Dari awal kami sudah bisa mengontrol permainan dan selalu unggul dalam pengumpulan angka.”

“Bagaimana pun caranya dari awal kami paksakan dengan pola bertahan dulu. Setelah itu balik serang. Terus menerus kami gempur pertahanan lawan. Ternyata berhasil,” Tiwi menuturkan.

Berkat kemenangan ini, Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi menjaga asa Indonesia meraih gelar di Thailand Open 2024.

Ana/Tiwi jadi satu-satunya wakil Merah Putih yang masih tersisa setelah ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal meraih kemenangan pada laga semifinal hari ini.

Bermain lebih dulu, Rinov/Pitha takluk dua gim langsung, 15-21, 14-21, dari pasangan Cina, Guo Xin Wa/Chen Fang Hui.

Selanjutnya, Ana/Tiwi masih menanti pemenang duel antara Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) yang menghadapi Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa (India) untuk menjadi lawan mereka di partai final, Minggu (19/5/2024).

“Untuk menghadapi partai final besok, kami belum tahu siapa lawannya. Malam ini kami akan mempelajari rekaman video bagaimana permainan lawan,” kata Ana.

“Yang pasti tampil di final itu pasti lebih berat. Kami harus berkerja lebih keras kagi.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat