sveosportu.com

The Best XI Market Value Tertinggi di Euro 2024

Searah jarum jam dari atas: Rodri, Bukayo Saka, Phil Foden, Kylian Mbappe, Jude Bellingham, Florian Wirtz, Ruben Dias, dan Josko Gvardiol, adalah beberapa pemain berharga selangit yang turun di Euro 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

– Piala Eropa 2024 akan dimulai Jumat (14/6/2024). Para pelatih sudah menutup panggilan hanya untuk 26 pemain. Mereka yang terpilih untuk turun bisa dibilang termasuk yang terbaik di dunia.

Dari 10 besar penghuni daftar The Most Valuable Player dunia asal Eropa, yang dirilis Transfermarkt, hanya Erling Haaland – yang memiliki market value 180 juta euro – yang tidak bisa turun di Euro 2024 karena negaranya, Norwegia, tidak lolos dari kualifikasi.

Berikut 11 pemain dengan nilai pasar tertinggi yang bakal bersaing di Jerman nanti. Inggris paling banyak menempatkan pemainnya, empat. Portugal sama dengan Prancis, dua. Sementara, Jerman, Kroasia, dan Spanyol masing-masing mengirimkan satu pemain.

Kiper

Diogo Costa - 45 juta euro (24 tahun; Portugal; FC Porto)
Roberto Martinez memiliki penjaga gawang dengan nilai pasar tertinggi. Hanya Gianluigi Donnarumma (Italia) dan Gregor Kobel (Swiss), yang bernilai 40 juta euro, yang mendekati valuasi Diogo Costa. Juara Eropa U-17 dan U-19 bersama Portugal, kiper berusia 24 tahun ini baru akan debut di Euro, meskipun ia sudah tahu apa artinya bermain di Piala Dunia.

Belakang

Trent-Alexander Arnold - 70 juta euro (25 tahun; Inggris; Liverpool FC)
Bek kanan: Trent Alexander-Arnold adalah pemain paling berharga di area tersebut, meskipun Gareth Southgate lebih mengandalkannya di lini tengah daripada pertahanan. Faktanya, hanya dalam satu dari enam laga terakhirnya bersama Inggris dia turun sebagai bek sayap. Southgate memasukkan Kieran Trippier dan Kyle Walker untuk menjadi starter bek kanan. Anehnya, bek kanan kedua dengan nilai pasar tertinggi juga berasal dari Inggris, Ben White (55 juta euro), meski pemain Arsenal FC itu sudah menyerah bermain untuk timnas.

William Saliba - 80 juta euro (23 tahun; Prancis; Arsenal FC)
Bek tengah: Nilai pasar Saliba meroket sejak debut bersama Prancis pada 2022 (dari 30 juta euro menjadi 80 juta euro). Perannya bersama Mikel Arteta tidak terbantahkan. Dia telah memainkan 100% pertandingan Liga Inggris dan Liga Champions (total 48). Namun, karena alasan yang berbeda, terutama karena berbagai cedera yang dideritanya di musim sebelumnya, ia hanya menjadi starter dalam 3 kali dari 13 pertandingan terakhir Prancis. Salah satu kelebihan yang dimiliki Didier Deschamps adalah ia memiliki banyak pilihan untuk posisi ini: Jules Kounde, Benjamin Pavard, Ibrahima Konate, dan Dayout Upamecano. 

Ruben Dias - 80 juta euro (27 tahun; Portugal; Manchester City)
Bek tengah: Pemain Portugal lainnya yang masuk ke dalam 11 pemain paling berharga di Euro 2024 ini menjadi cerminan dari potensi perjalanan Roberto Martinez ke Jerman. Karena usia dan pengalamannya, Dias datang ke Jerman dengan penuh kedewasaan dan kematangan. Bek tengah yang berada di luar 11 pemain dengan nilai pasar tertinggi di Piala Eropa kali ini adalah Alessandro Bastoni dari Italia (70 juta euro) serta duo Belanda, Matthijs de Ligt (65) dan Micky van de Ven (60). 

Josko Gvardiol - 75 juta euro (22 tahun; Kroasia; Manchester City)
Bek kiri: Kroasia, rival terberat Spanyol dan Italia di Grup B Euro 2024, memasukkan nama Josko Gvardiol ke dalam 11 pemain dengan nilai pasar tertinggi. Pemain yang mencetak 5 gol dan 3 assist dalam 34 laga Liga Inggris dan Liga Champions itu sejauh ini melampaui peringkat bek-bek kiri sekelas Theo Hernandez (60 juta euro; Spanyol), Nuno Mendes (55; Portugal) atau Federico Dimarco (50; Italia). Kehebatan bek asal Zagreb ini sulit dibantah Pep Guardiola dan pelatih Kroasia Zlatko Dalic karena Gvardiol telah memainkan 29 laga internasional sejak debutnya pada 2021.

Formasi Best XI Value di Euro 2024 - Rahmat Ari Hidayat .jfif
Inilah formasi The Best XI pemain termahal di Euro 2024. (Rahmat Ari Hidayat/)

Tengah

Jude Bellingham  - 180 juta euro (20 tahun; Inggris; Real Madrid)
Dialah pesepak bola dengan nilai pasar tertinggi di dunia, sama dengan Erling Haaland dan Kylian Mbappe, meskipun Jude Bellingham menjadi yang termuda dari ketiganya (masing-masing berusia 25, 23, dan 20 tahun). Meskipun baru menjalani 29 pertandingan internasional, Bellingham akan memainkan turnamen tim nasional besar ketiganya (setelah Euro 2000 dan Piala Dunia 2024), meskipun di ajang inilah Inggris mengharapkan yang paling banyak darinya.

Rodri - 120 juta euro (27 tahun; Spanyol; Manchester City)
Rodrigo Hernandez Cascante alias Rodri menjadi satu-satunya pemain Spanyol yang masuk dalam 11 pemain paling berharga di Euro 2024. Dari sini terlihat jelas mengapa dia menjadi rujukan La Roja. Rodri berbagi posisi pivot dan rating dengan Declan Rice (Inggris; Arsenal FC). Gelandang bertahan termahal ketiga dalam daftar adalah Aurelien Tchouameni (Prancis; Real Madrid) yang memiliki market value 20 juta euro lebih rendah.

Florian Wirtz - 130 juta euro (21 tahun; Jerman; Bayer 04 Leverkusen)
Jika Rodri dimainkan sebagai gelandang bertahan, maka pendamping Bellingham di sisi kiri jatuh pada Florian Wirtz. Pemain paling berharga ketujuh di dunia sekaligus yang tertinggi di Ligaa Jerman (Bundesliga) dan juga di negaranya. Angka-angka dan usianya menjadi alasan peningkatan spektakulernya dalam peringkat market value: 18 gol dan 20 assist dalam 49 pertandingan. Tidak diragukan lagi, Wirtz adalah salah satu pemain yang harus diperhatikan di Piala Eropa yang dimainkan di kandangnya.

Depan

Phil Foden - 150 juta euro (24 tahun; Inggris; Manchester City)
Sayap kanan: Posisi ini sangat pantas dimiliki Phil Foden. Ada alasan mengapa dia dianggap sebagai pesepak bola paling berharga keempat dunia saat ini. Berikut rekornya saat tiba di Jerman: 27 gol dan 12 assist bersama Man. City. Karena sejumlah alasan, Foden kesulitan mendapatkan tempat istimewa dalam rencana Gareth Southgate, meskipun saat ini menjadi starter di Timnas Inggris dan hubungannya dengan Harry Kane dan Jude Bellingham memiliki banyak pengaruh dalam perjalanan The Three Lions di Euro kali ini.

Kylian Mbappe - 180 juta euro (25 tahun; Prancis; Real Madrid)
Penyerang tengah: Rumah taruhan menempatkannya sebagai kandidat teratas untuk menjadi top scorer Euro 2024. Statistiknya di level klub juga mendukung Mbappe, usai mencetak 44 gol dari 49 laga semua kompetisi pada musim 2023-2024 lalu. Mbappe juga merasa “sudah bebas” usai meninggalkan Paris Saint-Germain dan bergabung ke Real Madrid. Setelah resmi ke Madrid, Mbappe diyakini bisa lebih tenang dan termotivasi. Tanpa kehadiran Haaland, striker berikutnya dengan market value tertinggi di Euro 2024 adalah Harry Kane (100 juta euro). 

Bukayo Saka - 140 juta euro (22 tahun; Inggris; Arsenal FC)
Sayap kiri: Saka sangat mengandalkan kaki kiri meskipun baik di Arsenal maupun Timnas Inggris cenderung lebih banyak bermain dengan kaki kanan. Tapi tentu saja, 11 pemain di sini didasarkan pada nilai pasar dan tidak ada pemain sayap berkaki kiri yang melampauinya atau bahkan mendekati Rafael Leao (90 juta euro; Portugal) dan Khvicha Kyaratskhelia (80 juta euro; Georgia). Dengan adanya Saka, Timnas Inggris memiliki banyak pilihan di sektor serangan, yang tidak hanya bagus namun juga mahal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat