sveosportu.com

Sergio Farias Kandidat Teratas Gantikan Thomas Doll

Sergio Farias.(Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

- Persija Jakarta dipastikan berpisah dengan pelatih Thomas Doll. Hal itu diungkapkan Thomas Doll kepada media Jerman, kemarin.

Salah satu alasan utamanya untuk berpisah dengan klub berjulukan Macan Kemayoran itu adalah faktor keluarga. Menyusul, ada anaknya yang masih kecil, serta istrinya sebentar lagi akan melahirkan seorang putra. Keluarganya saat ini diketahui menetap di Budapest, Hungaria.

Jarak yang jauh antara Hungaria dan Jakarta yang membuat pelatih asal Jerman tersebut berpikir ulang untuk melanjutkan sisa kontraknya hingga tahun depan.

Memang dalam dua musim terakhir, Thomas Doll sempat membawa Persija bertengger di posisi kedua klasemen akhir Liga 1 2022-2023. Tapi pada musim  2023-2024, Persija malah mengalami penurunan peringkat hingga posisi kedelapan di Liga 1.

Situasi ini pun membuat Persija harus segera berburu pelatih anyar. Mengingat, Liga 1 2024-2025 direncanakan mulai bergulir pada 2 Agustus 2024.

Tak ayal, mulai muncul banyak kandidat untuk menggantikan peran Thomas Doll di Persija. Dan yang saat ini menjadi kandidat teratas adalah Sergio Farias.

Pelatih asal Brasil itu sebenarnya bukan nama asing bagi klub asal Jakarta. Pasalnya, dia pernah ditunjuk menjadi pelatih Persija pada Liga 1 2020. 

Saat itu, Persija juga memiliki target tinggi untuk menjadi juara Liga 1. Mereka pun menunjukkan keseriusannya dengan merekrut banyak pemain bintang level nasional. Mulai dari Evan Dimas, Marc Klok, Osvaldo Haay, Otavio Dutra, hingga Alfath Faathier. Termasuk eks bek Juventus, Marco Motta.

Sontak, ketika itu Persija disebut memiliki skuad The Dream Team. Apalagi dari musim sebelumnya juga masih ada nama-nama seperti Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak, Rezaldi Hehanussa, hingga Marko Simic yang sedang tajam-tajamnya di depan gawang lawan.

Tapi sayang, adanya wabah Covid-19 membuat impian itu harus buyar. Itu lantaran kompetisi musim tersebut terpaksa dihentikan.

Sergio Farias pun memilih untuk melanjutkan kariernya ke Timur Tengah. Mulai dari melatih klub Qatar, Umm Salal (2021-2022) dan Al Khor (2022-2023), hingga terakhir melatih klub asal Kuwait, Kazma SC.

Kontraknya bersama Kazma SC pun telah berakhir. Pelatih yang meraih juara Liga Champions Asia 2009 bersama klub Pohang Steelers ini pun membuka kembali peluang untuk melatih Persija

Selain Sergio Farias, juga ada nama eks pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. Tapi nilai kontrak yang tinggi tampaknya bakal membuat Persija urung menggunakan jasa pelatih asal Korea Selatan itu.

Begitu juga muncul nama Bernardo Tavares. Tapi cukup sulit bagi Persija, lantaran pelatih yang membawa PSM Makassar juara Liga 1 2022-2023 itu masih terikat kontrak dengan klub berjulukan Juku Eja tersebut hingga 30 Juni 2026.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat