sveosportu.com

Tim Voli Pantai Indonesia Gagal Lolos ke Olimpiade 2024

Ilustrasi Voli Indonesia. (Jovi Arnanda/Skor.id)

- Tim voli pantai Indonesia gagal lolos ke Olimpiade 2024 menyusul hasil yang didapat dari ajang AVC Beach Volleyball Continental Cup 2023–2024.

AVC Beach Volleyball Continental Cup 2023–2024 merupakan turnamen voli pantai tingkat benua yang dijadikan FIVB sebagai jalur terakhir mendapat tiket Olimpiade 2024.

Pada Olimpiade 2024 nanti, kompetisi cabang olahraga voli pantai bakal diikuti oleh 24 negara di setiap sektor (putra dan putri).

Dari 24 slot yang tersedia, satu di antaranya merupakan hak tuan rumah Prancis dan satu tempat lainnya otomatis jadi milih pasangan juara dunia 2023.

Selain itu, ada 17 tempat yang disediakan untuk pasangan terbaik berdasar ranking FIVB untuk cabor voli pantai per 9 Juni 2024.

Sedangkan lima slot tersisa disiapkan untuk juara AVC Beach Volleyball Continental 2023–2024 zona Eropa; Asia; Afrika; Amerika Selatan; serta Amerika Utara, Tengah, dan Karibia.

Rangkaian kompetisi AVC Beach Volleyball Continental 2023–2024 zona Asia sendiri sudah bergulir sejak tahun lalu dengan memakai sejumlah turnamen sebagai tahapan kualifikasi.

Persaingan mencapai puncaknya pada pekan ini kala putaran semifinal dan final digelar secara beruntun di Ningbo Banbianshan Beach Volleyball Center, Xiangshan, Cina.

Tim voli pantai putra Indonesia langsung lolos ke putaran final berkat kesuksesan menyabet menyabet medali emas pada SEA Games 2023.

Sedangkan tim voli putri pantai Indonesia yang jadi runner up SEA Games 2023 harus lebih dulu melewati putaran semifinal.

Meski demikian, skuad putri Indonesia pada akhirnya sukses mengikuti jejak lolos ke putaran final usai jadi yang terbaik di putaran semifinal.

Desi Ratnasari dan kolega melaju ke putaran final usai menang 2-0 atas Hong Kong pada Senin (17/6/2024) sebelum menang 2-1 atas Vanuatu sehari kemudian.

Sayang, tim putri Indonesia tak bisa melaju jauh di putaran final AVC Beach Volleyball Continental 2023 zona Asia yang dimulai pada Jumat (21/6/2024).

Langkah mereka langsung terhenti di laga pertama usai kalah 0-2 dari tim voli pantai putri Jepang yang jadi unggulan dalam turnamen ini.

Sementara itu, tim voli pantai putra Indonesia gagal mendapat tiket Olimpiade 2024 usai gugur di babak empat besar pada putaran final.

Sebelumnya, Bintang Akbar dan kawan-kawan sukses melaju ke empat besar usai menang 2-1 atas Selandia Baru dalam duel alot yang digelar kemarin.

Skuad putra Indonesia pun gagal melaju ke partai perebutan tiket Olimpiade 2024 usai takluk 0-2 di tangan wakil Australia dalam laga yang dihelat Sabtu (22/6/2024) siang.

Dengan demikian, Kontingen Merah Putih dipastikan tak mendapatkan tiket Olimpiade 2024 dari cabang olahraga voli pantai.

Sejauh ini, Indonesia baru sekali mampu meloloskan wakil untuk berkompetisi di cabor voli pantai Olimpiade. Momen itu terjadi pada edisi 1996 di Atlanta, Amerika Serikat.

Saat itu, skuad voli pantai Indonesia mengirimkan Markoji/Muchammad Nurmufid (sektor putra) dan Eta Kaize/Ni Putu Timy Yudhani Rahayu (sektor putri). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat