sveosportu.com

Start Buruk Tim Putra Indonesia di AVC Challenge Cup 2024

Tim voli putra Indonesia di AVC Challenge Cup 2024

- Tim voli putra Indonesia mengawali petualangan dalam ajang AVC Challenge Cup 2024 dengan hasil yang mengecewakan.

Skuad Merah Putih kalah tiga set langsung saat bersua Korea Selatan di Isa Bin Rashed Hall, Isa Town, Bahrain pada Minggu (2/6/2024).

Menghadapi unggulan ketiga turnamen, Indonesia yang mengirim skuad muda ke AVC Challenge Cup 2024 bisa dibilang tak bisa berbuat banyak.

Muhammad Gani Loveano Helmi cs memang sempat memimpin perolehan angka pada awal set pertama dan kedua.

Akan tetapi, Korea Selatan tak butuh waktu lama untuk membalik momentum dan mengendalikan jalannya pertandingan.

Usai memenangi dua set pertama dengan meyakinkan, dominasi tim voli putra peringkat 27 dunia itu kian terasa pada set ketiga. 

Hwang Taek-eui dkk pada akhirnya sukses memenangi laga dalam tiga set langsung dengan skor akhir 25-11, 25-16, 25-9.

Dengan hasil tersebut, Korea Selatan untuk sementara memimpin klasemen Pool C AVC Challenge Cup 2024 dengan catatan satu kemenangan dan tiga poin dari satu laga.

Tim asuhan Cho Byong-seok tersebut dijadwalkan melakoni laga lanjutan Pool C kontra Qatar yang dijadwalkan berlangsung Senin (3/6/2024).

Sedangkan Indonesia dapat waktu istirahat sehari sebelum giliran menghadapi Qatar pada Selasa (4/6/2024) 

Kompetisi AVC Challenge Cup 2024 untuk sektor putra sendiri diikuti oleh 12 negara yang dibagi rata dalam empat pool (A, B, C, dan D) pada fase awal turnamen.

Nantinya, dua tim terbaik dari masing-masing pool berhak melaju ke perempat final sedangkan empat juru kunci bakal berlaga di klasifikasi peringkat 9–12.

PBVSI sendiri menargetkan tim voli putra Indonesia menembus enam besar dalam ajang AVC Challenge Cup 2024 meski datang dengan skuad muda (rata-rata 18,5 tahun).

Akan tetapi, kekalahan yang didapat kontra Korea Selatan malam ini telah memperberat kans skuad Merah Putih untuk mewujudkan target tersebut.

Apalagi Qatar yang bakal jadi lawan selanjutnya bagi Indonesia bukan tim sembarangan walau berstatus non-unggulan.

Saat ini, skuad  asuhan Ali Al-Haddad tercatat menduduki ranking 21 FIVB yang menjadikannya kontestan AVC Challenge Cup 2024 dengan peringkat dunia tertinggi.

Tim voli putra Qatar tak mendapat status unggulan di AVC Challenge Cup 2024 lantaran absen pada edisi sebelumnya.

Bahkan, AVC Challenge Cup 2024 jadi penampilan perdana Qatar dalam turnamen yang memperebutkan slot wakil Asia di FIVB Challenger Cup ini.

Pada tahun lalu, Qatar tampil di FIVB Challenger Cup 2023 sebagai tuan rumah. Mereka pada akhirnya kalah di final kontra Turki sehingga gagal promosi ke VNL 2024. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat