sveosportu.com

Sikat Jepang, Tim Voli Putra Prancis Juara VNL 2024

Tim voli putra Prancis juara VNL 2024

- Tim voli putra Prancis keluar sebagai juara VNL 2024 usai memenangi laga final yang dihelat pada Senin (1/7/2024) dini hari waktu Indonesia.

Benjamin Toniutti dan kolega jadi kampiun setelah mengatasi perlawanan Jepang dalam partai puncak yang berlangsung di Atlas Arena, Lodz, Polandia.

Tim voli putra Prancis memenangi laga final VNL 2024 dalam empat set yang berkesudahan dengan skor akhir 25-23, 18-25, 25-23, 25-23.

Ini menjadi kali kedua skuad voli putra Prancis sukses menjuarai VNL, mengulang pencapaian pada edisi 2022.

Skuad Negeri Baguette pun menyamai rekor Rusia sebagai tim voli putra tersukses di ajang VNL dengan raihan dua gelar.

Keberhasilan menjuarai VNL 2024 tentu jadi modal yang sangat berharga bagi tim voli putra Prancis menjelang Olimpiade 2024.

Apalagi rangkaian kompetisi cabor voli Olimpiade 2024 akan bergulir mulai 27 Juli nanti atau kurang dari sebulan lagi.

“Memenangi VNL adalah hal yang sangat bagus untuk persiapan menuju Olimpiade 2024 yang jadi tujua utama kami musim ini,” kata Jean Patry, top skor final VNL 2024.

“Tujuan kami di VNL 2024 sebenarnya adalah menembus semifinal. Jadi, tak ada perasaan yang lebih baik saat mampu meraih medali emas.”

“Kami punya banyak pemain yang bisa masuk dan membantu tim. Itu merupakan salah satu kekuatan utama kami,” opposite berusia 27 tahun itu menambahkan.

Sementara itu, kekalahan membuat tim voli putra Jepang harus puas mengantongi medali perak dari ajang VNL 2024.

Meski demikian, finis kedua tetap jadi pencapaian terbaik tim voli putra Jepang sepanjang mengikuti liga voli antarnegara tersebut.

Yuki Ishikawa dan kawan-kawan pun berhasil memperbaiki pencapaian musim lalu kala finis di peringkat ketiga.

Pada sisi lain, hasil ini juga membuat tim voli Jepang mengawinkan medali perak sektor putra dan putri VNL 2024.

Sepekan sebelumnya, Sarina Koga dan kolega lebih dulu finis kedua usai kalah 1-3 dari Italia dalam laga final sektor putri yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

Walaupun belum bisa meraih gelar juara, pencapaian di VNL 2024 membuat Jepang makin diperhitungkan dalam kompetisi voli dunia baik di sektor putra maupun putri.

Sementara itu, tim voli putra Polandia berhasil meraih medali perunggu usai memenangi laga perebutan tempat ketiga yang digelar Minggu (30/6/2024) malam waktu Indonesia.

Tuan rumah fase final sektor putra VNL 2024 itu mengandaskan perlawanan Slovenia dalam tiga set langsung yang tuntas dengan skor 26-24, 25-16, 25-17.

Dengan demikian, tim voli putra Polandia sukses menjaga konsistensi selalu meraih medali dalam lima edisi terakhir VNL.

Dari enam edisi penyelenggaraan VNL sejak 2018, Skuad Bialo-Czerwoni telah meraih satu gelar juara, satu kali runner up, dan tiga kali menyabet medali perunggu.

Satu-satunya musim di mana tim voli putra Polandia gagal meraih medali VNL terjadi pada musim 2018 alias edisi penyelenggaraan perdana.

Berikut daftar penerima penghargaan individu VNL 2024 sektor putra:

MVP: Antoine Brizard (Prancis)
Best Outside Hitter: Yuki Ishikawa (Jepang) dan Tomasz Fornal (Polandia)
Best Middle Blocker: Nicolas Le Goff (Prancis) dan Jakub Kichanowski (Polandia)
Best Setter: Antoine Brizard (Prancis)
Best Libero: Tomohiro Yamamoto (Jepang)
Best Opposite: Jean Patry (Prancis)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat