sveosportu.com

Timnas Futsal Putri Indonesia Ikut Piala Asia Futsal Wanita

Cover timnas futsal putri Indonesia.

- Timnas futsal putri Indonesia dipastikan ambil bagian pada Piala Asia Futsal Wanita 2025, tidak seperti kabar miring yang sempat beredar.

Sebelumnya sempat mencuat kabar tidak sedap yang menyebutkan Timnas futsal putri Indonesia tidak ikut Kualifikasi Piala Dunia Futsal Wanita 2025.

Untuk diketahui, penyelenggaraan Piala Asia Futsal Wanita 2025 juga sekaligus jadi kualifikasi zona Asia (AFC) menuju Piala Dunia Futsal Wanita 2025.

Kabar miring bermula dari akun media sosial Futsal Jepang yang menyebutkan daftar 19 tim untuk Kualifikasi Piala Dunia Futsal Wanita dari AFC.

Disebutkan informasi tersebut berasal dari sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, dan dalam daftar negara yang disebutkan tak ada Indonesia.

Yakni hanya Australia, Bahrain, Cina, Taiwan, Hong Kong, India, Iran, Irak, Jepang, Kirgiztan, Lebanon, Makau, Myanmar, Pakistan, Filipina.

Kemudian Palestina, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam. Akan tetapi dari kabar terkini, Timnas futsal putri Indonesia dipastikan masuk daftar tersebut.

AFC disebut telah mengonfirmasi ke Federasi Futsal Indonesia (FFI) bahwa Indonesia adalah salah satu peserta Piala Asia Futsal Wanita 2025.

Piala Dunia Futsal Wanita 2025 di Filipina.
Piala Dunia Futsal Wanita 2025 di Filipina. (Dede Sopatal Mauladi/)

Untuk waktu penyelenggaraan, ajang yang sekaligus Kualifikasi Piala Dunia Futsal Wanita 2025 zona Asia itu rencananya berlangsung 7-18 Mei 2025.

Namun sebelumnya akan ditentukan negara yang jadi tuan rumah Piala Asia Futsal Wanita 2025, dan kemungkinan bakal lebih dulu digelar babak kualifikasi.

Sebagai informasi, Piala Asia Futsal Wanita terakhir digelar pada 2018 dengan Thailand sebagai tuan rumahnya dan terdapat 15 tim sebagai peserta.

Saat itu Timnas futsal putri Indonesia berstatus debutan dan berhasil melaju hingga babak perempat final sebelum akhirnya dikalahkan Vietnam (1-2).

Adapun untuk Piala Dunia Futsal Wanita 2025, kuota Asia hanya tiga yang artinya hanya tiga tim terbaik di Piala Asia Futsal Wanita 2025 yang lolos.

Walaupun belum diumumkan soal waktu penyelenggaraannya, tetapi FIFA sudah menunjuk Filipina sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal Wanita 2025.

Jika melihat Ranking Futsal Dunia rilisan terbaru FIFA di 14 Juni 2024, Timnas futsal putri Indonesia masuk papan atas, yakni peringkat 14 Dunia.

Pada tingkat Asia (AFC), Timnas futsal putri Indonesia ada pada urutan kelima, secara beruntun berada di bawah Thailand, Iran, Jepang, dan Vietnam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat