sveosportu.com

Timnas Indonesia Satu-satunya Tim ASEAN di Putaran Ketiga

Sepak Bola ASEAN. (Yusuf/Skor.id)

- Timnas Indonesia dipastikan menjadi satu-satunya tim dari ASEAN yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia telah berakhir, Rabu (12/6/2024) dini hari WIB. Sebanyak 18 tim lolos ke putaran selanjutnya.

Untuk kiprah tim-tim dari negara ASEAN, dari tujuh tim yang berada di putaran kedua, hanya satu yang berhasil melanjutkan langkahnya ke ronde 3.

Yakni Timnas Indonesia yang memastikan lolos sebagai runner-up Grup F setelah menang atas tim ASEAN lainnya, Filipina, Selasa (11/6/2024) malam.

Garuda mengumpulkan 10 poin dari enam pertandingan dan melaju bersama Timnas Irak yang menjadi juara grup dengan raihan poin sempurna, 18.

Untuk Timnas Filipina, gugur dengan status juru kunci grup. Tanpa mampu meraih kemenangan, mereka terbenam di posisi keempat dengan satu poin.

Adapun pada Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, terdapat tim ASEAN lainnya yang juga gugur yakni Timnas Vietnam.

Golden Star Warriors, julukan Timnas Vietnam, tak bisa mengulang kegemilangan di edisi 2022 sebab hanya finis pada peringkat tiga dengan enam poin.

Empat tim ASEAN lainnya yang juga terhenti di putaran kedua Kualifikikasi Piala Dunia 2026 ada Timnas Myanmar, Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Timnas Myanmar gagal melaju ke ronde tiga setelah hanya finis pada posisi empat Grup B (terbawah) di belakang Jepang, Korea Utara, dan Suriah.

Sementara itu pada Grup C, terdapat dua tim yakni Timnas Thailand dan Singapura yang mengakhiri putaran kedua di peringkat tiga dan empat.

Timnas Thailand harus menelan pil pahit sebab hanya kalah head to head dari Cina yang lolos sebagai runner-up. Kedua tim sama punya delapan poin.

Terakhir pada Grup D, Timnas Malaysia juga harus terhenti langkahnya meski mencatatkan kemenangan pada pertandingan terakhirnya di ronde dua.

Harimau Malaya, julukan Timnas Malaysia, finis pada posisi tiga dengan raihan 10 poin, berada di bawah Oman dan Kirgiztan yang mempunyai 13 dan 11 poin.

Adapun tim yang berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, termasuk Timnas Indonesia, otomatis lolos ke putaran final Piala Asia 2027.

Daftar Tim yang Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

Qatar
Kuwait
Jepang
Korea Utara
Korea Selatan
Cina
Oman
Kirgiztan
Iran
Uzbekistan
Irak
INDONESIA
Yordania
Arab Saudi
Uni Emirat Arab
Bahrain
Australia
Palestina

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat