sveosportu.com

Timnas Putri Indonesia Berangkat ke Hong Kong pada 9 Juli

Timnas putri Indonesia.

- Pelatih Timnas Putri Indonesia, Satoru Mochizuki, akan merampingkan skuad jelang bertolak ke Hong Kong untuk uji coba internasional.

Hal itu diungkapkanya setelah memimpin hari kedua pemusatan latihan Garuda Pertiwi di Lapangan Rugby, Senayan, Jakarta, pada Rabu (26/6/2024) sore.

Satoru Mochizuki memanggil total 27 pemain untuk dua pertandingan melawan Hong Kong, 11 dan 14 Juli mendatang, tapi jumlah itu nanti akan berkurang usai seleksi.

Adapun pada sesi latihan tadi, belum semua pemain bergabung dengan skuad. Beberapa nama seperti Claudia Scheunemann, Zahra Muzdalifah, Helsya Maeisyaroh, Sheva Imut, Marsela Awi, dan lainnya tak terlihat.

Mereka dikatakan bakal menyusul dalam waktu dekat.

"Ya sebagian memang belum bergabung, sekitar lima orang lagi akan menyusul," kata Satoru Mochizuki

"Nanti di akhir TC akan saya kerucutkan lagi menjadi sekitar 20 pemain. Tim ini sebagian besar masih sama seperti lawan Bahrain," dia menambahkan.

latihan timnas putri
Pelatih Timnas Putri, Satoru Mochizuki, memberi arahan dalam sesi latihan di Lapangan Rugby, Senayan, Jakata, 26 Juni 2024. (Teguh Kurniawan/)

Saat ini, fokus latihan Timnas Putri Indonesia masih berkutat pada teknik dasar dan penguatan chemistry antarpemain.

Apalagi banyak wajah baru yang bergabung dengan Garuda Pertiwi, termasuk dua pemain keturunan, Noa Leatomu dan Estella Loupatty.

"Jadi ini masih proses seleksi, latihannya masih seperti biasa, hal-hal mendasar kita terapkan," kata Satoru Mochizuki.

"Selain pemanasan, kami juga ada game internal. Ini merupakan simulasi agar terbiasa nanti saat pertandingan sebenarnya," lanjut juru taktik asal Jepang itu.

Pemusatan latihan Timnas Putri Indonesia di Jakarta masih akan berlanjut sekitar satu pekan lagi. Setelah itu, mereka akan bertolak menuju Hong Kong pada 9 Juli.

Coach Mochi, begitu sang pelatih akrab disapa, bertekad melanjutkan tren positif tim asuhannya dalam laga uji coba.

Sebelumnya, Garuda Pertiwi berhasil menyapu tiga kemenangan, yakni versus Singapura (5-1), lalu dua kali lawan Bahrain (3-2 dan 3-0).

Berkat rapor apik tersebut, posisi Timnas Putri Indonesia di ranking FIFA pun terdongkrak dua tangga - dari 109 ke 107.

Mereka berpotensi melesat lebih jauh jika mampu menaklukkan Hong Kong dalam dua pertemuan di markas lawan. Pasalnya, sang lawan punya peringkat yang lebih baik, yakni ke-79. 

Performa Hong Kong yang sedang tidak baik-baik saja bisa dimanfaatkan. Sepanjang 2024, mereka belum sekali pun menang.

Mengikuti Piala Turki Wanita 2024, Februari lalu, tim asuhan Ricardo Rambo takluk dari Kosovo (0-1), India (0-2), dan Estonia (0-1).

"Tentu saja kami ingin menang," ujar Satoru Mochizuki soal target uji coba melawan Hong Kong.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat