sveosportu.com

Timnas Putri Indonesia TC 24 Juni, Ada Trio Pemain Keturunan

Timnas putri Indonesia.

- Tiga pemain keturunan bakal hadir pada pemusatan latihan Timnas Putri Indonesia jelang FIFA Matchday Juli mendatang.

Mereka adalah Estella Loupatty, Noa Leatomu, dan Djenna de Jong. Ketiganya merupakan talenta berdarah Indonesia yang meniti karier di luar negeri.

Estella Loupatty memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ayah, yang merupakan blasteran Belanda-Maluku. 

Saat ini, perempuan 20 tahun itu memperkuat Jong Telstar Vrouwen di kompetisi sepak bola putri Belanda.

Dia adalah seorang winger yang bisa beroperasi di kedua sisi lapangan. Estella diharapkan bisa membuat lini depan Garuda Pertiwi lebih berwarna.

Noa Leatomu juga merupakan pemain sayap, saat ini berkarier di Belgia bersama KRC Genk Ladies. Darah Indonesia-nya berasal dari sang ayah.

Ya, meskipun lahir di Belanda, ayah Noa diketahui adalah seorang WNI yang lahir dari pasangan asal Maluku.

Talenta 20 tahun itu mengaku sangat antusias dengan kesempatan membela Timnas Putri Indonesia di kancah internasional.

Berbeda dengan dua koleganya, Djenna de Jong dapat garis keturunan Indonesia dari sang ibu. Namun, daerah asal keluarganya tidak diketahui pasti.

Djenna, yang berusia 18 tahun, sudah menyukai sepak bola sejak kecil dan sekarang membela tim putri VfL Wolfsburg di Jerman. Posisinya adalah gelandang serang, dengan kejelian mencetak gol.

Ketiga pemain ini diharapkan bergabung dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Putri Indonesia, yang dimulai Senin (24/6/2024) nanti di Jakarta.

Estella Loupatty dan Noa Leatomu sudah terbang ke tanah air pada Sabtu (21/6/2024), diketahui lewat unggahan mereka di media sosial masing-masing.

Sementara, Djenna de Jong belum ada kabar, tapi dipastikan bakal ikut TC.

Sebagai informasi, pemusatan latihan kali ini hanya bersifat trial bagi trio pemain keturunan tersebut. Sebab, mereka masih belum memegang paspor Indonesia.

Jika pelatih Satoru Mochizuki terkesan, maka proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) bisa segera diurus.

Coach Mochi, begitu sapaannya, berniat memanggil 30 pemain untuk persiapan laga uji coba melawan Hong Kong pada 11 dan 14 Juli mendatang.

Selain trio pemain keturunan, bakal ada wajah-wajah baru lainnya, termasuk dari tim Pra PON DKI Jakarta maupun mereka yang tak dipanggil dalam tiga pertandingan terakhir.

Ya, sejak ditangani Satoru Mochizuki, Garuda Pertiwi sudah menjalani tiga uji coba dan menyapu semua dengan kemenangan.

Claudia Scheunemann dan kawan-kawan menghajar Singapura 5-1 pada akhir Mei, lalu dua kali menekuk Bahrain (3-2 dan 3-0) di awal Juni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat