sveosportu.com

Timnas U-20 Dapat Latihan Fisik ala Militer Amerika Serikat

Timnas U-20 Indonesia menjalani latihan fisik di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5/2024). (Yusuf/Skor.id)

- Ada yang menarik pada pemusatan latihan Timnas U-20 Indonesia jelang berlaga di Turnamen Toulon 2024 Prancis.

Terutama pemusatan latihan terkait penguatan fisik pemain. Pada kesempatan kali ini kepelatihan Timnas U-20 Indonesia mengikutsertakan salah satu mantan pelatih marinir Amerika Serikat, Elberlino Tiwa.

Diketahui, hari ini para pemain Timnas U-20 Indonesia menjalani serangkaian latihan fisik di Empire Fit Club di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (15/5/2024) sore.

Di mana saat ini, Elberlino Tiwa sendiri menjadi pelatih di Empire Fit Club tersebut.  

Ada tiga tahapan pada penguatan fisik pemain Timnas U-20 Indonesia pada pelatihan kali ini. Mulai mendorong beban, menggenjot sepeda statis, hingga mengayunkan tali tambang dengan gerakan cepat atau yang biasa disebut rope slam.

Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, mengungkapkan periodesasi latihan yang disiapkan memang sedikit berbeda dengan latihan gym biasa.

"Jadi hari ini dari periodesasi latihan yang kami siapkan, kami sudah beberapa bulan yang lalu mungkin kami ingin untuk penanganan gym, tapi tidak masuk ke gym yang konvensional seperti biasa tapi kepada sport performance yang lebih spesifik," ujar Indra Sjafri, kepada awak media.

Pelatih Empire Fit Club, Elberlino Tiwa yang menjadi instrukutur untuk membantu penguatan fisik para pemain Timnas U-20 Indonesia. (Yogie Gandanaya/)
Pelatih Empire Fit Club, Elberlino Tiwa, yang menjadi instruktur untuk membantu penguatan fisik para pemain Timnas U-20 Indonesia. (Yogie Gandanaya/)

"Kami sepakat dengan coach Elberlino dari Empire Fit Club untuk membantu pelatih fisik untuk meningkatkan performa anak-anak. Mungkin beliau ini pelatih marinir AS yang membawa kepelatihan marinir untuk diaplikasikan ke pelatihan atlet sepak bola," ungkapnya.

Sementara itu, Elberlino mengatakan ini menjadi latihan awal para pemain Timnas U-20 Indonesia yang difokuskan untuk ketahanan fisik pemain di lapangan.

"Hari ini perkenalan dari latihan yang fokusnya performa untuk para atlet untuk mempersiapkan mereka di lapangan. Kita tak tahu mereka sebagai atlet sepak bola itu harus siap sprint, bertahan dengan badan, jadi kami siapkan sesuatu yang fungsional," kata Elberlino.

"Latihannya lebih beda dari yang konvensional, mungkin dari mesin dan alat-alatnya, jadi full under fungsional ini juga melatih metabolisme dan sedikit kekuatan, jadi ini strength and conditioning training," jelasnya.

Selain program fisik yang dijalani skuad Garuda Muda, mereka juga akan diagendakan menjalani pemusatan latihan di Italia. Tepatnya di klub Como 1907.

Tim yang baru saja promosi ke Serie A musim 2024-2025 itu akan berkolaborasi dengan Timnas U-20 Indonesia hingga sepekan lebih.

"Mudah-mudahan semuanya akan berjalan dengan lancar dan nanti kami akan berangkat (ke Como) tanggal 23 sampai 31 (Mei)," ucap Indra Sjafri.

"Alhamdulillah berkat Pak Erick juga, Como menyediakan semua fasilitas untuk kami berlatih di Como sebelum kami masuk ke Turnamen Toulon," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat