sveosportu.com

Tinjau Venue PON 2024, Menpora Sampaikan Beberapa Harapan

Menpora Dito Ariotedjo

– Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo meninjau persiapan beberapa venue penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Agenda itu dilakukan Menpora Dito bersama bersama Pj. Gubernur Aceh Bustami Hamzah dan rombongan di Kota Banda Aceh pada Sabtu (18/5/2024).

Pada kesempatan tersebut, Menpora menyampaikan optimismenya terhadap progres pembangunan dan renovasi venue yang dinilainya bisa rampung pada Juli mendatang.

“Ya, kami baru saja meninjau venue-venue yang telah di renovasi dan dibangun kembali di komplek Olahraga Stadion Harapan Bangsa (SHB),” katanya.

“Nampaknya kami sangat yakin dan optimistis untuk venue semua di bulan Juli maksimal sudah jadi. Karena ini yang terakhir saya tinjau, perbandingannya dengan sekarang progresnya sudah signifikan.”

Tak hanya meninjau venue pertandingan, kehadiran Menpora Dito dan rombongan di Aceh sekaligus untuk mematangkan koordinasi dengan Pemprov Aceh dan PB PON terkait kesiapan agar berjalan lancar.

“Kami hadir disini sekaligus untuk berkoordinasi dengan Pemprov Aceh dan PB PON Aceh untuk memastikan kesiapan kelancaran PON XXI 2024 wilayah Aceh,” ujar Menpora Dito.

Koordinasi dilakukan agar pelaksanaan PON XXI 2024 bisa sukses dari segi prestasi, penyelenggaraan, dan administrasi.

“Jadi kami ingin PON XXI 2024 ini benar-benar bisa sukses secara prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses secara administrasi,” tambahnya.

Oleh karena itu, Menpora Dito mengimbau semua pihak stakeholders pusat maupun daerah untuk kerja dan menjaga bersama demi kelancaran pelaksanaan PON XXI 2024.

“Ini mari kita jaga bersama baik itu postur dari anggaran APBN dan APBD, kita juga akan buat satgas pemantauan bersama penegak hukum ini demi menjaga penyelenggaraan dan kelangsungan persiapan PON XXI 2024 di September 2024 mendatang," pinta Menpora Dito.

Tak lupa, Menpora Dito juga menyampaikan apresiasinya atas kinerja Pemprov Aceh dan PB PON yang solid, kooperatif, dan kompak.

“Saya juga apresiasi kinerja dari Pak Pj. Gubernur Aceh Pak Bustami beserta Ketua DPRA dan alhamdulillah sangat kooperatif dan makin kompak,” ujarnya.

“Ini kita mengejar target dan kontribusi dari Pemprov Aceh dengan APBA-nya dan APBK-nya kita ucapkan terima kasih karena sejatinya PON ini dari Aceh untuk Indonesia bahkan dari Aceh untuk dunia.”

“Terkait penambahan anggaran sudah kami kerjakan, sebagian juga yang ada tambahan baru lagi seperti untuk opening ceremony dan beberapa peralatan penyelenggaraan sudah kami siapkan dan ajukan, kemudian nanti akan dibahas dalam rapat terbatas dengan Bapak Presiden,” Menpora Dito menjelaskan.

Pelaksanaan PON XXI 2024 di Aceh bakal mempertandingkan 33 cabang olahraga, 42 disiplin cabang olahraga, 510 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 5.636 atlet dan 2.572 ofisial. 

Sementara itu, acara pembukaan PON 2024 akan digelar di Kompleks Olahraga Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat