sveosportu.com

Toprak Berpeluang Ramaikan Persaingan MotoGP pada 2025

Toprak Razgatlioglu

– Juara dunia World Superbike (WSBK) 2021 Toprak Razgatlioglu ikut meramaikan kabar seputar transfer MotoGP. Rider BMW ini kembali mengungkapkan ketertarikannya bersaing di kelas para raja.

Saat ini Razgatlioglu memimpin klasemen WSBK 2024 dengan koleksi 179 poin berkat enam kemenangan balapan, termasuk hat-trick pada Round Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Italia, akhir pekan lalu. 

Toprak sempat diyakini bakal beralih ke MotoGP menyusul kesuksesannya meraih gelar WSBK. Namun, pembalap Turki membuat kejutan dengan meninggalkan Yamaha untuk merapat ke BMW musim 2024.

Banyak pihak menilai itu langkah yang berisiko. Tetapi faktanya, setelah empat putaran awal WSBK 2024, sang pembalap membuktikan bisa melaju kencang di atas BMW M1000RR dan mengalahkan Ducati.

Performa impresif Toprak dan banyaknya kejutan terjadi dalam bursa transfer pembalap MotoGP sejauh ini, membuat namanya kembali masuk radar. 

Sebelumnya, ia sempat menguji prototipe YZR M1 ketika masih memperkuat Yamaha. Hanya saja setelah itu tidak berjalan sesuai harapan, Razgatlioglu memilih tetap di WSBK dan tak melakukan tes lebih lanjut.        

Sekarang, situasinya tampak lebih kondusif bagi El Turco jika ingin naik ke seri tertinggi kejuaraan dunia balap motor. Sang rider pun tidak menampik.  

“Kami telah mendapatkan segalanya yang mungkin di sini (WSBK), tetapi MotoGP adalah kategori lain. Di sana semuanya sangat berbeda, dimulai dari motornya,” ujar Toprak usai memborong tiga kemenangan di Misano, 16 Juni lalu. 

“Jika saya ke MotoGP sekarang, saya akan butuh waktu untuk beradaptasi dengan segalanya. Saya kuat di Superbike, terutama musim ini dengan motor (BMW). Untuk MotoGP, kita lihat apa yang terjadi di masa depan,” imbuh El Turco.

Sementara itu, manajer Toprak, Keenan Sofuoglu, telah mengatakan bahwa ada kemungkinan besar sang klien bersaing di MotoGP tahun depan, meski memiliki kontrak dengan BMW hingga WSBK 2025. 

“Kami memiliki kontrak dua tahun dengan BMW, namun saya sudah memberi tahu BMW kami ingin meninggalkan Kejuaraan Dunia Superbike akhir tahun ini dan pindah ke MotoGP,” kata Sofuoglu dilansir dari Speedweek.

“Saya menjelaskan kepada mereka bahwa ini merupakan keinginan Toprak. Ada banyak minat terhadap Toprak di paddock MotoGP untuk tahun depan.”

Sofuoglu tak mengungkap rinci pabrikan mana yang tertarik membawa Toprak Razgatlioglu ke MotoGP. Ada yang menyebut Yamaha dan Honda, namun, tidak menutup kemungkinan juga dengan BMW, yang tertarik merambah ke sana.

“Kami belum tahu persis seperti apa jadinya, kami harus mencapai sepakat dengan BMW. Ini soal masa depan, kita semua tahu BMW ingin masuk ke MotoGP. Saya akan berusaha mewujudkan keinginan Toprak,” pungkas Sofuoglu.       

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat