sveosportu.com

Uber Cup 2024: Cina Bertemu Jepang di Semifinal

Uber Cup/Piala Uber

– Skuad bulu tangkis putri Cina dan Jepang melenggang mulus ke semifinal Uber Cup 2024. Kedua tim selanjutnya akan berhadapan untuk memperebutkan tiket ke partai puncak pada Sabtu (4/5/2024). 

Pada laga perempat final Uber Cup yang berlangsung di Hi-Tech Sports Zone Centre Gymnasium, Chengdu, Cina, Kamis (2/5/2024), tim tuan rumah tampil dominan menghadapi Denmark. 

Cina membungkus kemenangan telak 3-0 atas satu-satunya wakil Eropa yang tersisa dan hanya butuh total waktu 122 menit untuk mengamankan tempat di semifinal.  

Pada partai pertama, tunggal putri ranking dua dunia Chen Yu Fei membuka skor untuk Cina. Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu menang straight game atas Line Hojmark Kjaersfeldt, 21-10, 21-12. 

“Saya baru memainkan satu pertandingan di penyisihan grup (melawan India), saya perlu menyesuaikan diri lagi dengan atmosfer dan ritme di lapangan,” ujar Chen Yu Fei usai laga versus Kjaersfeldt.

Cina memperbesar keunggulan menjadi 2-0 melalui ganda putri nomor satu dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Mereka mengatasi perlawanan duet Alexandra Boje/Maiken Fruergaard, 21-12, 21-15.

Cina memastikan kemenangan dominannya atas Denmark lewat He Bing Jiao. Tunggal putri kedua mereka tersebut tampil solid saat menundukkan Line Christophersen, 21-16, 22-20, dalam tempo 42 menit.

Pada laga perempat final lainnya, juara Uber Cup enam kali, Jepang, juga tanpa kesulitan berarti mencetak kemenangan 3-0 atas India meskipun tidak menurunkan tunggal putri andalannya, Akane Yamaguchi.

Aya Ohori, yang diplot menggantikan Akane, sebagai pemain pertama sukses membayar kepercayaan tim. Ia membuka keunggulan Jepang usai menang rubber game atas Ashmita Chaliha, 21-10, 22-20, 21-15.

Dalam pertandingan kedua, ganda putra andalan Skuad Matahari Terbit, Nami Matsuyama/Chiharu Shida, menyumbang kemenangan kedua. Mereka membekuk Priya Konjengbam/Shruti Mishra, 21-8, 21-9.

Seperti Cina, Jepang mengunci tiket ke semifinal pada partai ketiga. Nozomi Okuhara berhasil mengatasi perlawanan tunggal putri India, Isharani Baruah, dua gim langsung, 21-15, 21-12.

Pertemuan di semifinal Uber Cup tahun ini menjadi kesempatan Jepang untuk membalas dua kekalahan sebelumnya dari Cina. Mereka dua kali takluk dari juara 15 kali pada babak final edisi 2014 dan 2020. 

Sementara itu, tim Uber Indonesia baru akan bertanding pada Jumat (3/5/2024) besok. Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-lawan dijadwalkan menghadapi Thailand.

Jika mampu mengalahkan skuad putri Thailand, Indonesia yang lolos sebagai runner up Grup C bakal bertemu pemenang laga antara juara bertahan Korea Selatan dan Taiwan di semifinal. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat