sveosportu.com

Ulasan Kekuatan Kiper Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024

Empat kiper yang dipanggil Timnas U-23 Indonesia untuk Piala Asia U-23 2024. (Yusuf/Skor.id)

- Timnas U-23 Indonesia bakal berlaga di Piala Asia U-23 2024. Ajang tersebut akan digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Ada 28 pemain yang dipanggil pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mengikuti pemusatan latihan terlebih dahulu di Dubai, Uni Emirat Arab, sebelum nantinya akan dikerucutkan menjadi 23 pemain yang berangkat ke Qatar.

Dari 28 pemain itu, empat di antaranya berposisi sebagai penjaga gawang. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Adi Satryo, Erlangga Setyo, dan Daffa Fasya

Kemungkinan, nantinya hanya tiga kiper yang dibawa untuk Piala Asia U-23 2024.

Bagaimana rapor dan rekam jejak mereka sejauh ini di klub maupun di Timnas? Simak ulasannya di bawah ini:

Ernando Ari Sutaryadi

Ernando bisa dibilang menjadi kiper yang paling berpengalaman dari keempat penjaga gawang yang dipanggil. Bahkan, untuk level Timnas senior, kiper Persebaya Surabaya ini sudah menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang.

Tercatat, dia sudah mengoleksi 12 caps bersama Timnas senior dan 24 caps ketika membela Timnas U-23.

Tampaknya, untuk saat ini posisinya sebagai penjaga gawang utama skuad Garuda Muda sulit untuk digantikan.

Muhammad Adi Satryo

Adi Satryo adalah kiper yang juga sudah mendapatkan caps di Timnas senior. Penjaga gawang PSIS Semarang ini juga menjadi salah satu kiper pelapis yang diandalkan Shin Tae-yong untuk Timnas U-23.

Tercatat, Muhammad Adi Satryo sudah dimainkan dalam lima pertandingan Timnas U-23.

Erlangga Setyo

Kiper berusia 20 tahun ini memiliki postur yang menjulang yakni setinggi 192 cm. Itu menjadi salah satu kelebihannya.

Bahkan, dia saat ini menjadi satu-satunya pemain yang dipanggil dari kompetisi Liga 2. Erlangga Setyo memang pada musim ini berstatus sebagai kiper yang dipinjamkan Persis Solo ke PSPS Riau yang berlaga di Liga 2.

Kemampuan Erlangga Setyo sebelumnya memang sudah masuk radar Shin Tae-yong saat mempersiapkan Timnas U-19 Indonesia menuju Piala Dunia U-20 2021 yang akhirnya diundur ke 2023 dan batal digelar di Indonesia.

Daffa Fasya

Daffa adalah kiper muda yang dimiliki oleh Borneo FC. Dia juga pernah memperkuat Timnas U-20 Indonesia dan telah dimainkan dalam enam pertandingan pada periode 2022-2023.

Masih berusia 19 tahun, Daffa adalah kiper termuda yang dipanggil untuk persiapan Timnas U-23 Indonesia ke Piala Asia U-23 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat