sveosportu.com

VFF Sanksi 5 Pemain Vietnam yang Terjerat Kasus Narkoba

logo timnas vietnam

- Federasi Sepak Bola Vietnam bertindak tegas terkait kasus narkoba yang menjerat lima pemain Vietnam yang merupakan anggota klub Hong Linh Ha Tinh.

Para pemain itu tertangkap bersama lima orang lainnya dalam pesta narkoba di sebuah hotel di kawasan Ha Tinh, Sabtu (4/5/2024).

Mereka yang terjerat kasus narkoba itu adalah Nguyen Trung Hoc, Nguyen Ngoc Thang, Duong Quang Tuan, Nguyen Van Truong, dan Dinh Thanh Trung.

Dua di antaranya saat ini berstatus pemain aktif Timnas Vietnam. Nguyen Van Truong merupakan salah satu pemain andalan di Vietnam U-23. Bahkan, dia juga masuk dalam skuad Timnas senior Vietnam di Piala Asia 2023.

Satu pemain lagi yaitu Nguyen Ngoc Thang, yang merupakan salah satu anggota skuad Vietnam U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Selain itu, ada juga Dinh Thanh Trung, yang merupakan salah satu pemain senior yang cukup disegani dan menjadi panutan untuk pemain muda Vietnam.

Dalam kariernya sebagai pemain, dia pernah menyabet gelar pemain terbaik Vietnam pada 2017. Dia pun pernah memperkuat Timnas Vietnam pada periode 2010-2018. Bahkan, saat ini dia direkomendasikan oleh klubnya untuk mengambil lisensi pelatih.

Tapi kasus ini membuat karier mereka terjun bebas. Kontrak kelima pemain itu pun kini dibekukan oleh Hong Linh Ha Tinh.

Dan sanksi tegas juga diberikan VFF dengan melarang lima pemain tersebut untuk berkompetisi di seluruh kancah sepak bola Vietnam. Mereka juga dilarang memperkuat Timnas Vietnam dalam jangka waktu yang tidak ditentukan.

Keputusan itu diberikan Komite Disiplin VFF tertanggal 8 Mei 2024, dan sanksi mulai berlaku sesuai tanggal diterbitkannya keputusan.

Tentunya kasus ini memberikan guncangan yang hebat bagi sepak bola Vietnam. Mengingat, mereka juga bisa dibilang sedang terpuruk di level Timnas senior.

Di level Timnas U-23, sebenarnya bisa sedikit mengobati kekecewaan fans mereka. Menyusul, mereka mampu melaju hingga ke babak 16 besar Piala Asia U-23 2024.

Kini, Timnas senior Vietnam menatap dua laga tersisa di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dalam dua laga itu mereka akan menghadapi Filipina (6/6/2024) dan Irak (11/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat