sveosportu.com

Xavi Hernandez Raih 100 Laga di La Liga

Luis Enrique, Xavi Hernandez, dan Pep Guardiola, pelatih klub top Eropa dengan DNA Barcelona. (Hendy Andika/Skor.id).

- Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, telah memainkan laga ke-100 di La Liga sebagai pelatih Barcelona.

Momen tersebut diukir ketika membawa Barcelona menang 2-0 atas Almeria, dalam lanjutan La Liga 2023-2024 pekan ke-36, Jumat (17/5/2024).

Dalam laga tandang tersebut, dua gol kemenangan Barcelona diciptakan pemain muda mereka, Fermin Lopez.

Kemenangan ini membuat Barcelona berhasil menjaga peluang mereka untuk tetap berada di posisi kedua klasemen La Liga 2023-2024, posisi yang akan membuat mereka tampil di Piala Super Spanyol musim depan.

Dengan demikian pula, kemenangan tersebut menandai pencapaian Xavi Hernandez yang telah memainkan 100 pertandingan di ajang La Liga sebagai pelatih Barcelona, sejak menangani tim ini pada 6 November 2021 silam.

Sejak pertandingan pertamanya sebagai pelatih Barcelona, yang kebetulan di La Liga, Xavi Hernandez telah membawa Blaugrana tampil dalam 141 laga, 100 di antaranya di La Liga.

Dari 100 La Liga tersebut, Xavi Hernandez membawa klub asal Katalunya ini meraih 69 kemenangan, 16 kali imbang, dan mengalami 15 kekalahan.

Kini Xavi masuk dalam daftar pelatih Barcelona yang telah memainkan 100 laga di La Liga.

Dengan 69 kemenangan yang diraihnya, Xavi Hernandez ada di posisi ketiga sebagai pelatih yang banyak memberikan kemenangan ketika mencapai 100 laga di La Liga.

Pelatih berusia 44 tahun ini tepat di bawah Luis Enrique yang ada di posisi kedua sebagai pelatih yang banyak memberikan kemenangan saat mengoleksi 100 laga.

Luis Enrique yang kini melatih Paris Saint-Germain membawa Barcelona meraih 75 kemenangan saat mencapai 100 laga di La Liga, sedangkan sisanya adalah 14 kali imbang, dan hanya mengalami 11 kekalahan.

Sedangkan di peringkat pertama atau yang memimpin daftar ini tentu saja Pep Guardiola.

Dalam kariernya sebagai pelatih Barcelona pada 2008 hingga 2012, Pep Guardiola membawa Barcelona meraih 75 kemenangan ketika mencapai 100 laga di La Liga, 14 kali imbang, dan hanya mengalami 7 kekalahan.

Dalam sejarahnya, sejumlah pelatih Barcelona mencatat 100 pertandingan di La Liga seperti Johan Cruyff, Frank Rijkaard, Ferdinand Daucik, atau Louis van Gaal.

Masa Depannya Masih Diragukan

Namun demikian, dalam momen kemenangan atas Almeria, masa depan Xavi Hernandez kembali diragukan.

Pers Spanyol seperti as.com, melaporkan bahwa laga menghadapi Almeria tidak didampingi oleh Presiden Joan Laporta dan Direktur Olahraga Deco.

Situasi ini idealnya bukan sesuatu yang aneh namun belakangan menjadi perhatian terkait isu yang beredar dalam manajemen Barcelona.

Menurut laporan sejumlah pers Spanyol, manajemen Barcelona tidak menyukai Xavi Hernandez, khususnya beberapa komentar atau sikapnya yang menyinggung kondisi ekonomi Blaugrana.

"Saya hanya mengatakan bahwa situasi ekonomi klub bukan yang terbaik," kata Xavi Hernandez, dalam konferensi pers setelah lawan Almeria, menjawab terkait isu tentang kondisi yang dihadapinya di Barcelona.

"Belum, sejauh ini tidak ada satu pun dari klub mengatakan apapun kepada saya," dia menambahkan.

Xavi Hernandez sendiri sebenarnya sudah menyatakan bahwa dirinya telah memutuskan untuk tetap melatih Barcelona, sebuah keputusan yang berbeda dari yang dikatakannya pada Februari 2024 lalu ketika dirinya menyatakan akan mundur setelah musim ini berakhir.

"Kami datang di laga ini dengan wakil presiden kami dan apa yang selama ini saya katakan adalah kenyataan. Bahwa kami akan bertarung dengan semua ambisi tapi dengan situasi yang sulit. Itu tidak mengubah realitas kami," dia menambahkan.

5 Pelatih Barcelona yang Banyak Memberikan Kemenangan Saat Mencapai 100 Laga di La Liga

1. Pep Guardiola: 79 menang, 14 imbang, 7 kalah

2. Luis Enrique: 75 menang, 14 imbang, 11 kalah

3. Xavi Hernandez: 69 menang, 16 imbang, 15 kalah

4. Johan Cruyff: 64 menang, 20 Imbang, 16 kalah

5. Frank Rijkaard: 63 menang, 22 Imbang, 15 kalah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat