sveosportu.com

Ogawa Jelaskan Penerapan Wasit Asing di Liga 1 2024-2025

Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa. (Foto: Rais Adnan/Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

- Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa, dan Kepala Departemen Wasit PSSI, Pratap Singh, melakukan temu media di Sekretariat PSSI Pers, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Yoshimi Ogawa memberikan penjelasan mengenai beberapa perubahan dari Laws of the Game yang akan diterapkan di Liga 1 2024-2025.

Di antaranya adalah terkait pelanggaran handball. Dalam kegiatan tersebut, Yoshimi Ogawa menjelaskan saat ini yang dianggap pelanggaran handball seperti apa. 

Ada juga perubahan dari aturan mengenai tendangan penalti.

Ogawa juga mengungkapkan soal adanya sistem baru dalam menilai performa wasit yang dinamakan Referee Evaluation System (REFER). Sistem ini sudah diterapkan di Liga Primer Inggris. Sehingga dalam penilaian terhadap wasit yang dilakukan oleh penilai wasit bakal objektif.

Namun sistem tersebut baru akan diluncurkan mulai dari Desember 2024.

Selain itu, mantan wasit FIFA asal Jepang ini juga mengungkapkan penerapan wasit asing yang bakal digunakan di Liga 1 musim depan.

“Setiap bulan kami akan membawa wasit asing untuk membantu pengembangan wasit Indonesia. Tapi tidak banyak, hanya satu wasit di setiap bulannya. Dan itu adalah wasit dari Asia yang memimpin pertandingan di AFC Champions League,” ujar Yoshimi Ogawa, kepada media.

Lebih lanjut, Ogawa mengakui bahwa tidak mudah untuk mengundang wasit dari negara lain ke Indonesia. Mengingat juga harus melihat kalender kompetisi di FIFA/AFC, serta negara masing-masing wasit tersebut.

“Nantinya, wasit asing tersebut akan berada di Indonesia minimal dua pekan dan maksimal satu bulan,” eks Direktur Departemen Wasit AFC itu menambahkan.

Dia pun berharap dengan hadirnya para wasit asing ini bisa menjadi contoh yang baik untuk wasit-wasit Indonesia. Apalagi, integritas wasit menjadi salah satu fokus PSSI untuk ditingkatkan sehingga mutu kompetisi semakin terjaga.

Sementara itu, soal penerapan video assistant referee (VAR) juga dijelaskan oleh Pratap Singh. Dia menjelaskan, bagaimana kesiapan para wasit Indonesia dalam mengoperasikan VAR dan apa saja situasi yang bisa di-review oleh VAR. 

Kepala Departemen Wasit PSSI, Pratap Singh. (Foto: Rais Adnan/Grafis: Hendy Andika/)
Kepala Departemen Wasit PSSI, Pratap Singh. (Foto: Rais Adnan/Grafis: Hendy Andika/)

“Tentunya para wasit Indonesia sudah siap mengoperasikan VAR. Mereka sudah berlatih keras untuk itu, dan para wasit kami siap untuk melakukan yang terbaik di pertandingan kompetisi nanti,” ujar Pratap Singh.

Seperti diketahui, Liga 1 2024-2025 akan dimulai pada 9 Agustus 2024. Ada 18 tim yang bakal berkontestasi untuk menjadi yang terbaik di kompetisi kasta tertinggi Indonesia tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat