sveosportu.com

Zahaby Gholy Pemain Terbaik ASEAN U-16 Championship 2024

zahaby gholy - timnas u-16

- Winger Timnas U-16 Indonesia, Zahaby Gholy, terpilih menjadi Pemain Terbaik ASEAN U-16 Championship 2024.

Meskipun gagal membawa Garuda Muda juara, jebolan Sekolah Sepak Bola (SSB) Remaja Masa Depan (RMD) tersebut dinilai sebagai talenta paling impresif sepanjang turnamen.

Pandangan tersebut tidak berlebihan. Zahaby Gholy memang mampu mencuri perhatian sejak penampilan pertamanya buat Timnas U-16 Indonesia di ASEAN U-16 Championship 2024.

Setelah tak beruntung pada dua laga pembuka melawan Singapura U-16 dan Filipina U-16, pemain yang kini dimiliki Persija Jakarta itu membuka keran produktivitas kontra Laos U-16 di partai pamungkas Grup A.

Satu gol dari Gholy membantu Garuda Muda menang 6-1, sekaligus memastikan status sebagai juara grup.

Lanjut ke semifinal, Zahaby Gholy makin beringas dengan torehan dua gol ke gawang Australia U-16. 

Sayang, performanya itu belum cukup membawa Timnas U-16 Indonesia ke laga puncak. Pasukan Nova Arianto menderita kekalahan 3-5 dari The Joeys.

Itu tak membuatnya patah semangat. Pada duel perebutan tempat ketiga versus Vietnam U-16 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore, Gholy kembali membukukan brace.

Dia dua kali menjebol gawang untuk membawa Timnas U-16 Indonesia menang telak 5-0 atas sang rival bebuyutan.

Total, Zahaby Gholy melesakkan lima gol di ASEAN U-16 Championship 2024, cuma kalah satu dari duo Australia U-16, Anthony Didulica dan Quinn MacNicol, yang berbagi predikat top scorer.

"Terima kasih atas support-nya untuk timnas U-16, sudah mau mendoakan dan mendukung. Semoga ke depannya, kalian ada lagi, ya, buat kami," kata Zahaby Gholy usai laga lawan Vietnam U-16.

"Maaf belum bisa memberikan gelar juara, kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Alhamdulillah kami dapat peringkat ketiga, semoga ke depannya kami bisa juara AFC (Piala Asia U-17)," tambah remaja 15 tahun itu.

Selain Zahaby Ghouly sebagai pemain terbaik, ada juga penghargaan individu untuk kiper terbaik. Pemenangnya adalah penjaga gawang Thailand U-16, Supakorn Poonphol.

Dan, seperti yang disebutkan tadi, pencetak gol terbanyak direbut Anthony Didulica dan Quinn MacNicol, yang masing-masing enam kali masuk papan skor saat membawa Australia U-16 ke tangga juara.

Berikut distribusi gelar di ASEAN U-16 Championship 2024:

Juara: Australia
Peringkat kedua: Thailand
Peringkat ketiga: Indonesia

Kiper terbaik: Supakorn Poonphol (Thailand)
Top scorer: Anthony Didulica, Quinn MacNicol (Australia) - 6 gol 
Pemain terbaik: Zahaby Gholy (Indonesia)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat