sveosportu.com

Vincent Kompany Pelatih Baru Bayern Munchen

Vincent Kompany pelatih baru Bayern Munchen. (Jovi Arnanda/Skor.id).

- Bayern Munchen resmi mengangkat Vincent Kompany sebagai pelatih baru mereka, Rabu (29/5/2024) ini.

Vincent Kompany, pelatih asal Belgia, menggantikan Thomas Tuchel yang di pertengahan musim 2023-2024 telah sepakat mengakhiri kontraknya.

Vincent Kompany yang masih berusia 38 tahun telah menandatangani kontrak yang durasinya mencapai tiga tahun atau berlaku hingga 30 Juni 2027 nanti.

Sebelumnya, Vincent Kompany melatih klub Inggris, Burnley.

Pelatih yang juga dikenal sebagai salah satu legenda Manchester City ini pernah membawa Burnley promosi namun kemudian musim ini terdegradasi.

Keputusan Bayern Munchen mengangkat Vncent Kompany memang cukup kontroversial. Meski semasa masih bermain merupakan pemain yang sukses, namun Vincent Kompany terbilang minim pengalaman.

Namun demikian, Vincent Kompany tidak asing dengan Liga Jerman (Bundesliga). Semasa masih bermain, dia sempat dua tahun memperkuat Hamburger SV (2006-2008).

"Saya mencari tantangan. Ini sebuah kehormatan bagi saya bisa melatih di klub ini, Bayern Munchen, salah satu tim besar di dunia," kata Vincent Kompany, setelah penandatangan kontrak.

Vincent Kompany menjanjikan tim Bayern Munchen yang agresif. "Saya sangat menyukai tim yang banyak memiliki penguasaan bola. Kini saya akan bekerja dengan pemain di sini, membangun sebuah tim," kata Vincent Kompany lagi.

"Jika Anda memiliki fondasi yang bagus, kesuksesan akan mengikuti," dia menambahkan.

Dukungan Guardiola

Kehadiran Vincent Kompany tidak terlepas pula dari Pep Guardiola, mantan pelatihnya ketika masih bermain untuk Manchester City.

Vincent Kompany ada di bawah kepelatihan Pep Guardiola pada 2016 hingga 2019. Sejumlah gelar diraih bersama Pep Guardiola di antaranya Liga Inggris 2011-2012 dan 2013-2014.

Vincent Kompany merupakan pemain penting dari awal-awal karier Pep Guardiola sebagai pelatih di Manchester City.

"Saya memiliki kekaguman untuk kerja kerasnya, personalitasnya. Tidak masalah bahwa dia baru saja terdegradasi dengan Burnley, saya sangat senang jika Bayern Munchen memilihnya sebagai pelatih," kata Pep Guardiola, saat mendengar kabar ketertarikan Munchen kepada Vincent Kompany.

Di sisi lain, Bayern Munchen sendiri pun sebelum memastikan mengangkat Vincent Kompany, mereka lebih dulu meminta saran kepada Pep Guardiola.

Pep Guardiola memang memiliki kedekatan dengan Bayern Munchen karena pelatih asal Spanyol ini pernah menangani klub raksasa Jerman tersebut.

"Pep memberikan bantuan yang besar. Dia sangat memuji Vincent Kompany, dan pendapatnya tentang Vincent Kompany sangat berarti bagi kami," kata salah satu supervisi Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge, yang juga mantan bintang Timnas Jerman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat