sveosportu.com

Aga Thohir Wakili Oxford United, Kunjungi Markas Espanyol

kunjungan aga thohir ke espanyol

- Usai memastikan tiket promosi ke Championship musim depan, Oxford United melakukan kunjungan ke klub-klub Eropa.

Salah satunya adalah RCD Espanyol, klub yang kini menghuni kasta kedua Liga Spanyol, Segunda Division alias LaLiga 2.

Oxford United diwakili oleh Aga Thohir, yang dikenal sebagai putra salah satu pemilik klub, yakni Erick Thohir.

Pria bernama lengkap Mahendra Agakhan Thohir itu disambut oleh general subdirector Espanyol, Toni Alegre, di Stadion Stage Front, Rabu (22/5/2024) lalu.

Selain menikmati tur di kandang klub berjuluk Los Periquitos tersebut, Aga Thohir dan Toni Alegre juga berbincang banyak mengenai sepak bola.

Terutama soal pengelolaan klub dan perjuangan mengangkat performa tim dari kasta bawah.

Seperti diketahui, Oxford United akan berlaga di kasta kedua Liga Inggris, Championship, untuk kali pertama dalam 25 tahun.

Itu dicapai setelah mereka menaklukkan Bolton Wanderers 2-0 di final play-off promosi League One 2023-2024, Sabtu (18/5/2024).

Ini adalah sinyal positif bagi The Yellows sejak diambil alih oleh Erick Thohir dan Anindya Bakrie pada 2022 lalu.

Sementara Espanyol saat ini juga sedang berjuang untuk promosi ke LaLiga.

Mereka finis di peringkat keempat Segunda Division 2023-2024, dan akan melalui jalur play-off untuk mendapat tiket naik kasta.

Espanyol sama sekali tak asing dengan perjuangan menembus kasta tertinggi setelah enam kali degradasi di masa lalu.

Namun, setiap kali jatuh, mereka selalu mampu bangkit pada musim berikutnya. Karakter macam ini bisa menjadi pelajaran bagi Oxford United.

Berusia lebih dari 100 tahun, Espanyol juga memiliki tradisi sepak bola, filosofi olahraga, serta kebijakan bisnis yang dapat dijadikan salah satu rujukan bagi Oxford United.

Bicara soal bisnis, pertemuan Aga Thohir dan Toni Alegre sejalan pula dengan ekspansi brand dan market Espanyol di Indonesia. 

Kita tahu, klub asal Katalan tersebut sedang gencar melakukan berbagai program di tanah air dalam beberapa tahun terakhir.

Itu termasuk turnamen usia dini, pertukaran talenta, dan banyak lagi. Bukan tak mungkin ada kolaborasi antara Oxford United dan Espanyol untuk sepak bola Indonesia di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat