sveosportu.com

Penjelasan Exco PSSI soal Kepemilikan Tiga Klub Liga 3

Liga 3. M Yusuf - Skor.id

- Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Eko Setyawan menjelaskan soal isu kepemilikan tiga tim Liga 3 2023-2024 yang belakangan menyeruak.

Sebagai salah satu anggota Exco PSSI, Eko Setyawan sebelumnya disorot pencinta sepak bola nasional disebut menjadi CEO tiga tim di Liga 3 2023-2024.

Yakni Adhyaksa Farmel FC, Persibo Bojonegoro, dan Persikota Tangerang, yang semakin ramai diperbincangkan karena ketiganya berhasil lolos ke Liga 2.

Penyelenggaraan Liga 3 2023-2024 diketahui sudah rampung dan sudah dapat dipastikan enam tim yang mendapatkan tiket promosi ke Liga 2 musim depan.

Eko Setyawan pun angkat bicara terkait hal itu, dan mengakui bahwa Adhyaksa Farmel FC memang menjadi klub yang ditangani sejak awal, dari tim akademi Farmel.

Sedangkan Persikota Tangerang, itu menjadi klub yang berada di tempat dirinya tinggal (Tangerang) dan dinilai tidak ada salahnya membantu klub tersebut.

Untuk Persibo Bojonegoro, semula ia dipercaya sebagai konsultan, seperti yang dituturkannya kepada awak media setelah final Liga 3 Nasional 2023-2024, Jumat (7/6/2024).

"Gini, saya dianggap di daerah itu mengerti sepak bola. Persibo sudah berapa lama dia terpendam di Liga 3? Bagaimana rekrutmen pelatih? Bagaimana rekrutmen pemain? Bagaiaman mereka itu mengelola manajemen? Saya diminta sebagai konsultan. Sebagai putra daerah, saya pulang kampung," Eko Setyawan menjabarkan.

Anggota Exco PSSI, Eko Setyawan (tengah) saat ditemui awak media usai final Liga 3 Nasional 2023-2024 di Stadion Mini Cibinong, Bogor, 7 Juni 2024. (Taufani Rahmanda/)
Anggota Exco PSSI, Eko Setyawan (tengah) saat ditemui awak media usai final Liga 3 Nasional 2023-2024 di Stadion Mini Cibinong, Bogor, 7 Juni 2024. (Taufani Rahmanda/)

Ia pun memastikan tidak ada konflik terkait keberadaan tiga klub tersebut di Liga 3 2023-2024.

"Dan ternyata, tidak hanya itu. (Persibo) Gak punya duit untuk yang namanya membiayai (tampil di) kompetisi dan saya punya perusahaan," kata Eko Setyawan.

"Lihat, di sini (menunjuk bagian perut), ada gak Pakar Ipal? Ada Farmel-nya gitu. Itulah bentuk support saya kepada sepak bola Indonesia, terutama di daerah saya," ia menambahkan.

Lebih lanjut Eko Setyawan juga mengomentari soal keberhasilan Adhyaksa Farmel FC, Persibo Bojonegoro, dan Persikota Tangerang sama-sama lolos ke Liga 2.

"Ini adalah sebuah kebanggaan. Maka saya bilang apa? Saya dianggapnya adalah mengerti sepak bola oleh orang kampung saya, oleh yang cinta sepak bola," ucapnya.

"Makanya saya harus membuktikan dong. Bagaimana caranya? saya rekrut, bisa dilihat gak tadi tuh di Persibo ada Munhar, ada Bayu, ada Roni, ada Diego. Serius gak kira-kira?."

"Nah makanya, kalau sekarang hasilnya bagus pun, teman-teman bisa lihat. Dari pertama 8 besar sampai sekarang, cara bermainnya seperti apa? Alhamdulillah walaupun tipis-tipis (menangnya), kami bisa masuk di grand final," Eko Setyawan memaparkan.

Adapun partai puncak Liga 3 Nasional 2023-2024 mempertemukan Adhyaksa Farmel FC dengan Persibo Bojonegoro di Stadion Mini Cibinong, Bogor, dan berakhir 3-2.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat