sveosportu.com

Pelatih Vietnam Bicara Target Lawan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Vietnam, Kim Sang-sik.

- Pelatih Timnas Vietnam, Kim Sang-sik, memberikan komentarnya terkait hasil undian pembagian grup ASEAN Championship 2024 (sebelumnya bernama Piala AFF 2024) yang telah dilakukan, Selasa (21/5/2024).

Seperti diketahui, dari hasil undian itu, Vietnam tergabung di Grup B bersama Timnas Indonesia, Filipina, Myanmar, dan Laos. 

Kim Sang-sik pun menyoroti secara khusus timnya kembali berada satu grup dengan Timnas Indonesia dan Filipina. Sebelumnya, ketiganya memang berada di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Khusus melawan Timnas Indonesia, Vietnam takluk sebanyak tiga kali pada tahun ini.

Pertama di Piala Asia 2023 dengan skor tipis 0-1, kemudian dua kali kalah saat Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan skor 0-1 dan 0-3. 

Pertemuan dengan Timnas Indonesia juga menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh para pendukung Vietnam.

“Benar, kinerja tim Vietnam melawan Indonesia dalam beberapa pertandingan terakhir tidak bagus. Tetapi jika kami mempersiapkan diri dengan baik mulai sekarang, saya pikir tim Vietnam bisa mendapatkan hasil yang bagus untuk mengimbangi pertandingan terakhir. Kami akan melakukan yang terbaik untuk menang,” ujar Kim Sang-sik, seperti dikutip laman resmi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

Terkait melawan Filipina, pelatih berusia 47 tahun itu juga tidak ingin menganggap remeh. Kendati dalam pertemuan pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2026, timnya berhasil menang 2-0 di kandang Filipina.

"Vietnam akan menghadapi Filipina pada tanggal 6 Juni dalam kualifikasi Piala Dunia. Saya mengetahui bahwa mereka sedang mempersiapkan pasukan dengan banyak pemain naturalisasi baru," ucapnya. 

"Saya belum tahu apakah mereka akan menggunakan pemain-pemain itu, tetapi kami akan bersiap untuk menghadapinya. Kami juga akan berusaha untuk menang melawan mereka," tegas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Lebih lanjut, eks pelatih Jeonbuk Hyundai Motors itu juga memiliki target yang tinggi untuk bisa membawa Vietnam berprestasi di ASEAN Championship 2024. Meski begitu, Kim Sang-sik juga mengakui hal itu tidak akan mudah. Apalagi dia masih baru ditunjuk sebagai pelatih Timnas Vietnam.

“Saya perlu melakukan banyak riset untuk menemukan cara melatih para pemain sepanjang turnamen dan mencapai target saya.”

“Saya akan berusaha agar para pemain bermain sebagai satu tim, mencapai hasil yang baik, dan memberikan penampilan yang bagus kepada para penggemar Vietnam, yang pantas mendapat pujian dari para pendukungnya.”

“Meskipun lawan yang dihadapi tidak mudah, tidak ada tim di mana kami sama sekali tidak memiliki kesempatan untuk menang. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik mulai sekarang untuk mencoba mencapai final dan mendapatkan hasil terbaik,” kata Kim Sang-sik.

Jika mengacu pada jadwal yang ada, Vietnam akan mengawali perjalanan mereka di ASEAN Championship 2024 dengan bertandang ke markas Laos (24/11/2024), menjamu Timnas Indonesia (30/11/2024), kemudian bertandang lagi ke Filipina (3/12/2024), dan pada laga terakhir menjamu Myanmar (7/12/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat