sveosportu.com

Segrup dengan Timnas Indonesia, Filipina Merasa Diuntungkan

Piala AFF 2024 atau ASEAN Championship 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

- Timnas Filipina merasa diuntungkan berada di Grup B ASEAN Championship 2024 (sebelumnya bernama Piala AFF). Pasalnya, di grup tersebut mereka kembali bertemu dengan Timnas Indonesia dan Vietnam.

Seperti diketahui, ketiga tim sebelumnya juga berada dalam satu grup pada Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hasil pertemuan Filipina dengan Timnas Indonesia di ajang tersebut sementara ini berakhir imbang 1-1, ketika laga tersebut digelar di Manila, 21 November 2023. Sedangkan ketika menjamu Vietnam, juga di Manila, 16 November 2023, mereka kalah dua gol tanpa balas.

Filipina bakal bertemu lagi dengan Vietnam dan Timnas Indonesia pada dua laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pertama, The Azkals, julukan Timnas Filipina, bakal bertandang ke markas Vietnam terlebih dahulu pada 6 Juni nanti. Lima hari berselang, giliran Timnas Indonesia yang akan menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Mereka selalu menjadi lawan yang tangguh di ASEAN, keakraban kami dengan skuad Vietnam dan Indonesia baru-baru ini bermanfaat bagi tim kami,” ujar Freddy Gonzalez, Manajer Tim Timnas Filipina seperti dikutip laman resmi Federasi Sepak Bola Filipina (PFF).

“Terima kasih kepada Presiden PFF John Gutierrez dan ketajaman pelatih kepala Tom Saintfiet, direktur sepak bola Vince Santos, dan direktur teknik Pep Ferre.” 

“Kami mengarahkan kapal Timnas Filipina yang lebih mantap, mengharapkan tim yang lebih baik di pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia FIFA melawan rekan grup AFF kami. Karena ini akan menjadi batu loncatan kami untuk kejuaraan yang sah di ASEAN Championship pada bulan November,” jelas Gonzalez.

Jika mengacu pada jadwal ASEAN Championship 2024 yang ada, Filipina akan terlebih dahulu menjamu Vietnam di Stadion Rizal Memorial, 3 Desember 2024.

Kemudian mereka bertandang ke markas skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 11 Juni 2024, alias pada laga terakhir Grup B.

Sekadar mengingatkan, format yang dipakai pada fase grup ini adalah kandang atau tandang. Jadi, setiap tim kedapatan jatah menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang di fase grup.

Dari lima tim yang ada, bakal bersaing untuk memperebutkan dua posisi teratas agar lolos ke babak semifinal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat