sveosportu.com

AVC Challenge Cup 2024: Tim Voli Putri Indonesia Finis Ke-7

Tim voli putri Indonesia di AVC Challenge Cup 2024

– Tim Voli Putri Indonesia menuntaskan AVC Challenge Cup 2024 dengan finis di peringkat tujuh klasemen akhir. Junaida Santi dan kawan-kawan sukses mengalahkan Hong Kong secara meyakinkan.

Dalam pertandingan perebutan posisi tujuh AVC Challenge Cup yang berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Rabu (29/5/2025) pagi, Srikandi Merah Putih menang 3-0 (25-15, 25-19, 25-20). 

Hasil ini sekaligus membuat Indonesia berhasil memenuhi ambisi untuk revans atau membalas kekalahan atas Hong Kong pada pertemuan terdahulu di turnamen voli antarnegara Asia tersebut.  

Kedua tim sebelumnya telah bertemu di babak penyisihan grup Pool B, 23 Mei lalu. Saat itu, skuad asuhan pelatih Pedro Lilipaly harus mengakui ketangguhan Hong Kong. Indonesia kalah 0-3 (22-25, 24-26, 19-25).

Dengan keinginan kuat revans melawan Hong Kong, Tim Voli Putri Indonesia yang diperkuat oleh mayoritas pemain muda tampak jelas tampil sangat termotivasi dengan kombinasi receive, toss, dan spike yang apik.

Pada set pertama, Srikandi Merah Putih mendominasi. Mereka bermain efektif dan mampu mematahkan serangan-serangan yang coba dibangun tim rival. Indonesia pun mampu unggul dengan selisih 10 poin. 

Masuk set kedua, Hong Kong berusaha untuk merespons. Mereka terus memimpin perolehan poin sampai Indonesia bisa menyamakan skor di angka 14-14, sebelum membalikkan keadaan dan merebut set kedua.

Dengan keunggulan 2-0, Srikandi Merah Putih kian berada di atas angin di set ketiga, memimpin dari awal hingga akhir. Meski Hong Kong sempat memangkas gap, Indonesia pada akhirnya mengunci kemenangan.

Junaida Santi kembali menjadi andalan Indonesia dalam mencetak angka. Pevoli Jakarta Pertamina Enduro ini jadi top skorer dengan torehan 21 poin, dari 19 serangan serta masing-masing satu blok dan servis ace.

Sementara itu, kapten tim Bela Sabrina Agustina turut menyumbangkan 12 poin untuk Indonesia, disusul Putri Agustin dengan tambahan delapan angka melawan Hong Kong. 

“Kami sangat senang mendapatkan kemenangan hari ini. Bagi sebagian besar dari kami di tim, ini adalah pertama kalinya kami bermain di AVC (Challenge Cup),” ujar Bela dikutip dari laman AVC.

“Jadi kami belajar banyak dari pengalaman ini. Terkait kemenangan hari ini, kami bangga bisa membawa pulang kabar baik bersama kami,” tambah pevoli Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia itu.

Tim Voli Putri Indonesia mengakhiri AVC Challenge Cup 2024 sebagai peringkat ketujuh. Srikandi Merah Putih membukukan dua kemenangan dan empat kekalahan dari enam laga yang dijalani. 

Selain Hong Kong, Indonesia juga memetik kemenangan atas Singapura di fase grup. Sedangkan kekalahan dialami Skuad Merah Putih lawan Hong Kong, Kazahkstan, Vietnam serta di fase klasifikasi 5-8 versus India.  

Raihan kali ini memang tidak sebaik AVC Challenge Cup 2023 di Gresik, ketika Indonesia mampu finis sebagai runner up. Namun, perlu diingat pada edisi 2024, tim diperkuat oleh para pemain muda yang mayoritas baru kali pertama tampil dalam ajang ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat