sveosportu.com

Head to Head Antarlini Borussia Dortmund vs Real Madrid

Borussia Dortmund dan Real Madrid. (Hendy Andika/Skor.id).

- Final Liga Champions antara Borussia Dortmund vs Real Madrid mempertemukan dua tim yang memiliki rapor bagus dari sejumlah statistik.

Borussia Dortmund meski bukan tim yang produktif, namun tim asuhan Edin Terzic ini tahu bagaimana caranya mengalahkan lawan yang punya produktiitas gol tinggi.

Kemampuan bertahan Borussia Dortmund untuk kemudian menctak satu gol sudah diterapkan ketika menyingkirkan Paris Saint-Germain dengan skor yang identik, 1-0 baik kandang maupun tandang.

Borussia Dortmund tim yang lolos ke final dengan memaksimalkan kemampuan mereka dalam menahan serangan lawan. Kekompakkan mereka dalam bertahan menjadi salah satu kunci sukses tim asal Jerman ini.

Edin Terzig tidak membuat timnya bermain bertahan namun strategi bermain dengan cara yang kompak, tidak menyerah, serta memiliki kemampuan dalma memanfaatkan peluang dalam waktu yang tepat menjadi keunggulan Borussia Dortmund.

Bakal menarik melihat bagaimana mereka akan meredam gelombang serangan Real Madrid dalam final nanti.

Laga Borussia Dortmund akan digelar pada Sabtu (1/6/2024) malam ini atau Minggu dini hari WIB nanti, tepatnya pukul 02.00 WIB.

Jelang final Liga Champions 2023-2024 Borussia Dortmund vs Real Madrid, berikut ini menampilkan perbandingan head to head dari sisi kiper, pertahanan, lini tengah dan lini depan.

Siapa di antara finalis ini yang lebih baik dari sejumlah aspek tersebut? Berikut ini perbandingan Borussia Dortmund dan Real Madrid jelang final yang akan digelar di Stadion Wembley:

Kiper

Thibaut Courtois akan tampil di bawah mistar Real Madrid, ini sudah dipastikan oleh pelatih Carlo Ancelotti.

Andre Lunin yang kerap tampil sepanjang musim ini ketika Thibaut Courtois cedera akan absen karena kondisinya yang tidak fit.

Sedangkan di bawah mistar Borussia Dortmund ada Gregor Kobel, penjaga gawnag yang musim ini selalu diturunkan oleh pelatih Edin Terzic.

Gregor Kobel tampil dalam 41 laga di semua ajang musuim ini, 11 di antaranya di Liga Champions. Fari jumlah tersebut, kemasukan 8 gol dan menciptakan 6 clean sheet.

Jumlah laga ini menempatkan Gregor Kobel memiliki kondisi yang lebih siap tempur dibandingkan dengan Thibaut Courtois.

Ini menjadi laga pertama bagi Thibaut Courtois di musim ini yang berarti cukup berisiko. Namun, dia sudah tampil di ajang La Liga dalam sejumlah laga pekan terakhir.

Gregor Kobel di posisi pertama dalam daftar statistik UEFA dari aspek penyelamatan, total 42 kali saves. Sedangkan Andre Lunin di posisi ketiga dengan 38 penyelamatan.

Penjaga gawang Real Madrid asal Belgia, Thibaut Courtois. (Hendy AS/)
Penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois. (Hendy Andika/).

Penyelamatan Kiper

Gregor Kobel (Dortmund) 42 Peyelamatan

Jan Oblak (Atletico) 40

Andriy Lunin (Real Madrid) 38

Gianluigi Donnrumma (PSG) 37

Belakang

Dengan kemasukan 15 gol di Liga Champions musim ini, Real Madrid rata-rata kemasukan 1,25 gol per laga.

Sebaliknya, Borussia Dortmund kemasukan 9 gol sepanjang menjelang final yang berrti, rata-rata kemasukannya lebih baik, 0,75 gol per laga.

Pertahanan Dortmund mencatat 6 clean sheet sedangkan Real Madrid hanya 3 clean sheet.

Dari statistik umum tersebut, Borussia memiliki pertahanan yang lebih baik dibandingkan dengan Real Madrid.

Dari statistik UEFA pula, Borussia Dortmund memimpin dalam sejumlah aspek bertahan.

Dortmund di posisi pertama dalam aspek tackles, total 207 tackles sedangakn Real Madrid di bawahnya dengan 175 tackles.

Dari aspek balls recovered atau memenangkan kembali penguasaan bola, Dortmund juga memimpin dengan 529 kali, Paris Saint-Germain di posisi kedu dengan 489 sementara Madrid di posisi leima dengan 429 balls recovered.

Dortmund juga memimpin dalam jumlah clean sheets. Dengan 6 clean sheets dari 12 laga itu, mereka dua kali lebih banyak dibandingkan Arsenal, Inter Milan, Sociedda, dan Munchen yang mencatat masing-masing 4 clean sheet.

Statistik ini berbanding lurus dengan rapor para pemainnya. Mats Hummels di posisi pertama dalam aspek tackles (50) dan ball recovered (114). Nico Schlotterbeck juga di posisi kedua dalam hal ball revocered dengan 77 kali.

Sedangkan dari sisi pertahanan, Real Madrid mengandalkan Dani Carvajal dan Ferland Mendy akan menjaga sisi kanan dan kiri dalam meredam dua penyerang sayap Borussia Dortmund, Jadon Sancho dan Karim Adeyemi.

Mats Hummels mencetak gol semata wayang kemenangan Borussia Dortmund atas Paris Saint Germain pada leg kedua semifinal Liga Champions 2023-2024 (Rahmat Ari Hidayat/).
Mats Hummels bek yang berperan dalam membuat lini pertahanan Borussia Dortmund kokoh. (Rahmat Ari Hidayat/).

Ball Recovered

Mats Hummels (Dortmund) 114
Schlotterbeck (Dortmund) 77
Kim (Bayern) 69
Marquinhos (PSG) 67

Tengah

Dari lapangan tengah, pemain yang memiliki kontribusi di antara kedua tim dalam hal assist adalah Marcel Sabitzer yang terlibat dalam terciptanya 6 gol Borussia Dortmund (1 gol dan 5 assist).

Persentase operannya mencapai 81,55 persen. Borussia Dortmund juga memiliki Julian Brandt yang telah memberikan 2 gol dan 2 assist di Liga Champions 2023-2024 ini.

Namun demikian, duo Borussia Dortmund tersebut tidak cukup untuk mengungguli serangan dan distribusi kemampuan dalam mencetak gol serta assist dari pemain Real Madrid.

Jude Bellingham dengan 4 gol dan 4 assist berarti berperan dalam terciptanya 8 gol bagi Real Madrid.

Akurasi operan Jude Bellingham juga mencapai 91 persen. Julian Brandt melepaskan 18 tembakan dengan 7 di antaranya ke arah gawang.

Jude Bellingham pernah menjalani karier mengesankan di Borussia Dortmund. (Yusuf/).
Jude Bellingham pernah menjalani karier mengesankan di Borussia Dortmund. (Yusuf/).

Sedangkan Jude Bellingham melepaskan 22 tembakan dengan 7 di antaranya berhasil mengarah ke awang.

Lini tengah Real Madrid juga sangat kuat dengan kombinasi pemain senior (berpengalaman) yaitu Toni Kroos. Carlo Ancelotti kemungkinan besar akan menempatkan trio Toni Kroos, Federico Valverde, dan Eduardo Camavinga.

Toni Kroos akan mendapatkan cover dalam aspek bertahan oleh dua pemain muda tersebut sementara dirinya akan mencoba mendistribusikan bola dan melakukan tekanan. Toni Kroos akan nanyak bekerja sama dengan Jude Belligham dalam laga nanti.

Depan

Real Madrid memimpin dari aspek serangan. Meski bukan yang terbaik dari sisi melakukan serangan, Los Blancos tercatat melakukan 610 kali serangan.

Menempatkan mereka di posisi ketiga di bawah Paris Saint-Germian (751 serangan) dan Manchester City dengan 729 serangan.

Sedangakn Borussia Dortmund di posisi ketujuh dengan melakukan 490 kali serangan.

Trio mesin gol Borussia Dortmund, Julian Bravindt (kiri), Niclas Fulkrug, dan Donyell Malen. (Jovi Arnanda/).
Trio mesin gol Borussia Dortmund, Julian Brandt (kiri), Niclas Fulkrug, dan Donyell Malen ancaman serius Real Madrid. (Jovi Arnanda/).

Dengan 26 gol yang diciptakan Real Madrid di Liga Champions musim ini, mereka di posisi kedua di bawah Manchester City (28 gol).

Borussia Dortmund di posisi ke-8 dengan 17 gol yang diciptakan.

Niclas Fullkrug termasuk pemain yang aktif dalam melakukan serangan di Liga Champions 2023-2024 ini.

Penyerang Borussia Dortmund ini masuk 10 besar dengan melepaskan 30 tembakan hingga menjelang final.

Dari jumlah tersebut, 10 di antaranya berhasil mengarah ke gawang. Hanya dari jumlah gol yang mampu diciptakan Niclas Fullkrug hanya mampu mencetak 3 gol.

Sedangkan untuk di Real Madrid, Viniicus Junior dan Rodrygo Goes masing-masing mencetak 5 gol. Dengan rapor ini, Real Madrid unggul dibandingkan dengan Borussia Dortmund dari sisi serangan.

Fans Night: Dortmund VS Madrid kali ini disponsori oleh Gotrade Indonesia, aplikasi pertama di Indonesia yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam saham saham global terutama US dengan mudah dan aman. Terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) serta bekerja sama dengan PT Valbury Asia Futures, Gotrade memberikan pengalaman investasi yang tepercaya.

Buat kamu yang ingin mulai investasi saham global, Gotrade Indonesia adalah pilihan yang tepat! Jadi, tunggu apa lagi? Mulai investasi saham US bersama Gotrade Indonesia yang tersedia di Play Store, App Store, dan website.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat