sveosportu.com

Calvin Verdonk Resmi Jadi WNI, Siap Debut Lawan Filipina

calvin verdonk wni

- Proses naturalisasi Calvin Verdonk selesai, pemain keturunan asal klub NEC Nijmegen itu kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Tak banyak gembar-gembor, Calvin Verdonk diketahui sudah ambil sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham Republik Indonesia pada Selasa (4/6/2024) malam.

Proses ini terbilang sangat cepat. Pasalnya, sang bek kiri, bersama striker muda Jens Raven, baru saja mendapat restu DPR RI sehari sebelumnya.

Calvin Verdonk juga sudah mendapatkan paspor dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia.

Artinya, pemain berusia 27 tahun itu sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia di laga internasional. 

Kebetulan, batas akhir pendaftaran skuad Garuda untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina adalah hari ini.

Jadi, masih ada waktu baginya bergabung dengan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan lalu melakoni debut di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Selasa (11/6/2024) mendatang. 

Hanya saja, Calvin Verdonk takkan bisa main melawan Irak pada laga pertama versus Irak, Kamis (6/6/2024). Pendaftaran untuk laga itu sudah lewat.

"Alhamdulillah, Calvin Verdonk sudah resmi menjadi WNI setelah pengambilan sumpah. Setelah proses pengambilan sumpah, Calvin juga langsung membuat KTP dan paspor Indonesia," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Masih butuh satu langkah lagi, yaitu persetujuan FIFA untuk Calvin bisa membela Timnas Indonesia."

"Terima kasih untuk Bapak Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI, Pimpinan Komisi III DPR RI, Pimpinan Komisi X DPR RI, Menpora, dan Menkumham, yang selalu memberikan dukungan untuk sepak bola Indonesia makin maju," dia menambahkan.

Calvin Verdonk sudah berada di Jakarta sejak akhir Mei lalu. Dia bahkan ikut pemusatan latihan skuad Garuda jelang uji coba kontra Tanzania meski belum punya paspor Indonesia kala itu.

Pelatih Shin Tae-yong memang ingin melihat kondisi pemain anyarnya itu secara langsung, sembari menunggu proses naturalisasinya selesai.

Selain itu, Calvin juga berkesempatan menyesuaikan diri dengan rekan setim serta cuaca di Indonesia.

Jebolan akademi Feyenoord itu bakal meramaikan persaingan di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia. Sebelum dirinya, sudah ada Pratama Arhan, Shayne Pattynama, hingga Nathan Tjoe-A-On.

Tapi, Calvin tak hanya bisa bermain sebagai fullback kiri. Dia juga piawai memerankan bek tengah hingga gelandang sentral.

Menarik menanti bagaimana pesepak bola kelahiran Dordrecht, Belanda, itu masuk dalam skema Shin Tae-yong.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat