sveosportu.com

Impian Maman Abdurahman Main Bersama Anak Terwujud

Maman Abdurahman dan Rafa Abdurahman, Persija Jakarta. (Foto: Persija/Grafis: Yusuf/Skor.id)

- Sejarah tercipta pada laga Persija Jakarta vs PSIS Semarang di pekan ke-34 Liga 1 2023-2024. Ya, laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/4/2024), itu menjadi saksi sejarah pertama kalinya di Liga 1, ayah dan anak bermain bersama dalam laga resmi.

Adalah bek senior Persija, Maman Abdurahman, dan sang anak, Muhammad Rafa Raditya Abdurahman (Rafa Abdurahman), yang menciptakan sejarah tersebut.

Pada laga itu, keduanya masuk dari bangku cadangan. Maman masuk terlebih dahulu menggantikan Oliver Bias pada menit ke-69. Sedangkan Rafa masuk menggantikan Hanif Abdurrauf Sjahbandi pada menit ke-90+3.

Sebelumnya, Rafa yang baru berusia 16 tahun dipromosikan dari tim Elite Pro Academy ke tim utama lantaran Persija membutuhkan tambahan pemain.

Selepas pertandingan, Maman pun tak bisa menutupi rasa gembiranya. Apalagi Persija berhasil menang dengan skor 2-1.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada coach Thomas Doll, staf pelatih, dan pemain Persija yang sudah memberikan kesempatan kepada saya bermain bersama anak saya. Bagi saya ini luar biasa dan istimewa,” kata Maman Abdurahman.

“Saya tidak bisa bilang apa-apa lagi ke coach Thomas Doll,” ujar pemain berusia 41 tahun itu.

Lebih lanjut, meski bersyukur meraih kemenangan atas mantan timnya, Maman juga meminta maaf kepada pendukung Persija, The Jakmania. Pasalnya, gagal mewujudkan target mereka pada musim ini.

“Kami meminta maaf kepada The Jakmania karena gagal lolos ke empat besar,” katanya.

Persija harus mengakhiri kompetisi musim ini dengan berada di peringkat kedelapan, setelah mengoleksi 48 poin dari 34 laga yang telah dijalani.

Sementara itu, Thomas Doll selaku pelatih Persija ikut senang dengan momen spesial salah satu pemainnya tersebut.

“Saya ikut senang Maman bisa bermain dengan anaknya hari ini (kemarin). Itu sangat luar biasa untuk tetap berada di lapangan bersama dengan dia (Rafa) berusia 16 tahun. Maman juga beberapa tahun bermain di Liga 1,” ujar pelatih asal Jerman tersebut.

Liga 1 musim ini tinggal menyisakan babak championship series. Mereka yang lolos ke babak tersebut adalah Borneo FC, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United.

Sedangkan yang dipastikan terdegradasi adalah Rans Nusantara, Bhayangkara FC, dan Persikabo 1973.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat