sveosportu.com

Dallas Mavericks ke Final Wilayah NBA untuk Kali Keenam

Luka Doncic, pemain basket Dallas Mavericks

Dallas Mavericks menjadi tim kedua yang melangkah ke final wilayah Playoff NBA 2024 usai memenangi Game 6 babak semifinal. Mereka menyusul Boston Celtics yang telah lebih dulu lolos.

Skuad asuhan Jason Kidd memastikan tiket ke final Wilayah Barat keenam mereka sejak tampil di NBA pada 1980 usai menyingkirkan salah satu tim terbaik pada musim reguler 2023-2025, Oklahoma City Thunder.

Bermain di depan fans fanatiknya yang memadati American Airlines Center, Sabtu (18/5/2024) malam atau Minggu WIB, Mavericks menang secara dramatis melawan Thunder, dengan skor sangat tipis, 117-116.

Hasil tersebut membuat Luka Doncic dan kawan-kawan berhak lolos ke final wilayah dengan keunggulan 4-2 atas OKC Thunder. Keunggulan ini memastikan Game 7 antara kedua tim tak perlu lagi dimainkan. 

Sebenarnya, Dallas Mavericks bermain di bawah tekanan menghadapi Thunder. Mereka bahkan tertinggal sejak awal pertandingan hingga pengujung kuarter keempat. 

Namun, perlahan Mavs mampu bangkit dan membalikkan situasi setelah sempat terpaut hingga 17 angka. Kemenangan krusial atas Thunder ditentukan oleh free throw PJ Washington saat waktu tersisa tiga detik.

Luka Doncic menjadi inspirator kemenangan Dallas Mavericks. Pebasket asal Slovenia ini mencetak triple-double: 29 poin, 10 rebound, dan 10 assist, termasuk upaya yang menghasilkan free throw Washington.

Itu triple-double ketujuh Doncic dalam penampilannya di playoff dan yang ketiga secara beruntun. Kendati perannya krusial, sang guard merasa kemenangan atas OKC Thunder berkat kontribusi semua pemain. 

“Saya pikir kami hanya mencoba terus berjuang bersama. Kami selalu berbicara di bench, tetap berusaha, energi positif dan hari ini adalah contoh yang bagus,” kata Doncic soal kunci keberhasilan timnya. 

Tahun 2024 akan menandai kali keenam Dallas Mavericks mampu mencapai babak final wilayah. Dari lima penampilan sebelumnya, mereka dua kali lolos ke babak perebutan gelar dan sekali juara pada 2011 silam.

Ketika itu, dimotori Dirk Nowitzki, Mavs menjadi kampiun NBA untuk kali pertama usai menang 4-2 atas Miami Heat. Doncic dan kawan-kawan tentu berharap bisa mengulang kesuksesan 13 tahun lalu tersebut.  

Pada final Wilayah Barat nanti, Mavericks akan menghadapi pemenang laga antara juara bertahan Denver Nuggets dan Minnesota Timberwolves, yang harus melakoni Game 7 untuk lolos dari semifinal pada Minggu (19/5/2024) malam atau Senin pagi WIB. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat