sveosportu.com

Adhyaksa Farmel FC Juara Liga 3 Nasional 2023-2024

Adhyaksa Farmel FC vs Persibo Bojonegoro di final putaran nasional Liga 3 2023-2024 pada 7 Juni 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

- Adhyaksa Farmel FC berhasil menjadi juara Liga 3 Nasional 2023-2024 usai mengalahkan Persibo Bojonegoro pada Jumat (7/6/2024) sore.

Bertempat di Stadion Mini Cibinong, Bogor, pertandingan pamungkas putaran nasional Liga 3 2023-2024 ini berakhir imbang 1-1 pada waktu normal.

Adhyaksa Farmel FC sempat unggul lebih dahulu melalui Adik Firmanzah (28'), lalu disamakan Persibo lewat eksekusi penalti Diego Banowo (45').

Juara Liga 3 Nasional 2023-2024 pun harus ditentukan di babak tambahan. Pada 2x15 menit bertanding, ada tiga gol tercipta meski diguyur hujan.

Dua gol di antaranya tercipta ke gawang Persibo, sehingga Adhyaksa Farmel FC jadi yang terbaik di putaran nasional Liga 3 2023-2024 dengan skor 3-2.

Jalannya Pertandingan

Persibo mengambil inisiatif serangan lebih dulu dan terus menekan. Namun lawannya tidak tinggal diam dengan turut melakukan tekanan.

Ancaman pertama malah diciptakan Adhyaksa Farmel FC melalui Deno Risqy pada menit ke-12, yang masih bisa digagalkan penjaga gawang.

Beberapa menit berselang giliran Persibo yang menebar teror melalui sepakan dari luar kotak penalti, yang juga berhasil diamankan oleh kiper.

Setelah terus berbalas serangan, kebuntuan terpecahkan di menit ke-28. Adhyaksa Farmel FC unggul berkot gol yang diciptakan Adik Firmanzah.

Tertinggal membuat Persibo bermain lebih agresif. Akan tetapi gelombang serangan yang dilancarkan tidak kunjung bisa berbuah hasil manis.

Mereka akhirnya mendapat penalti di menit ke-45. Diego Banowo yang jadi eksekutor sukses memaksimalkannya. Babak pertama usai 1-1.

Putaran nasional Liga 3 atau Liga 3 Nasional. (Dede Sopatal Mauladi/)
Putaran nasional Liga 3 atau Liga 3 Nasional. (Dede Sopatal Mauladi/)

Babak Kedua

Saling balas serangan langsung berlanjut saat pertandingan memasuki paruh kedua. Permainan menekan dan terbuka ditampilkan kedua tim.

Meski begitu, berbagai upaya terus mengalami kegagalan. Termasuk peluang emas yang dimiliki Adhyaksa Farmel FC melalui Kadir Toyo.

Tim milik Kejaksaan RI itu perlahan memang bisa lebih mendominasi penguasaan bola dan terus melakukan serbuan ke pertahanan tamunya.

Memasuki pertengahan babak kedua, Persibo mulai bisa keluar dari tekanan dan berbalik menebar ancaman. Salah satunya dari Ahmad Farid.

Saling balas serangan kembali terjadi memasuki fase akhir laga. Tensi permainan pun meninggi dalam kondisi lapangan yang mulai diguyur hujan.

Akan tetapi gol tidak kunjung tercipta hingga peluit panjang tanda akhir laga ditiup dan pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Babak Tambahan

Kondisi lapangan mulai tergenang air dan membuat kedua tim kesulitan. Adhyaksa Farmel FC berhasil menciptakan gol melalui Dede Aldiansyah di menit ke-92.

Setelahnya Persibo bisa mendominasi penguasaan bola dan terus menyerang tapi mengalami kebuntuan. Ada peluang emas gagal dimaksimalkan Diego.

Memasuki babak tambahan kedua, Adhyaksa Farmel FC bisa langsung memperbesar keunggulan melalui pemain pengganti lain, Jufanov Gumanti pada menit ke-106.

Setelahnya upaya Persibo mengejar ketertinggalan bisa menuai hasil lewat aksi Ahmad Farid di menit ke-111. Namun mereka kehabisan waktu dan akhirnya kalah 2-3.

Susunan Pemain Utama

Adhyaksa Farmel FC: Bufon Dwi; Harli Cahya, Tabroni, Harli Cahya, Adik Firmanzah, Rizza Fadillah, Ichlasul Aroby, Ardi Ramdani, Sehabudin Ahmad, Deno Risqy, Kadir Toyo;
Pelatih: Ade Suhendra

Persibo Bojonegoro: Nur Ikhsan; Munhar, Rizky Dwi, Robi Kriswantoro, Diego Banowo, Fatah Aji, Risco Herlambang, Gunawan, Taufiq Hidayat, Khairul Anam, Ananda Saputra;
Pelatih: I Putu Gede Swisantoso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat