sveosportu.com

Ditundukkan Irak, Asnawi Mangkualam Keluhkan Lapangan SUGBK

Bek sekaligus kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

- Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, mengeluhkan kondisi rumput lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Itu setelah Timnas Indonesia ditaklukkan Irak dengan skor 0-2, pada lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (6/6/2024) petang WIB.

Menurut Asnawi Mangkualam, struktur permukaan lapangan SUBGK tidak merata. Hal itu dianggapnya menyulitkan pemain.

"Ya kondisi (rumput) lapangan hari ini kurang baik dan memang sudah diperingatkan beberapa minggu sebelumnya SUGBK seperti ini,” kata Asnawi Mangkualam, seusai pertandingan.

"Ada perubahan, tapi memang tidak jauh beda, beberapa struktur lapangan tidak rata memang berpengaruh juga untuk pemain,” Asnawi menambahkan. 

Pada pertandingan ini, gol Irak dicetak Aymen Hussein lewat sepakan penalti pada menit ke-54.

Irak mendapatkan penalti setelah Justin Hubner menyentuh bola dengan tangan ketika ingin menghalau umpan silang Ali Jasim dengan sundulan.

Lalu, gol kedua Irak tercipta lewat sepakan Ali Jasim pada menit ke-88. Gol itu bermula dari kesalahan Ernando Ari Sutaryadi yang gagal untuk melakukan sapuan bola. 

Di samping itu, Timnas Indonesia juga bermain dengan sepuluh pemain seusai Jordi Amat mendapatkan kartu merah pada menit ke-59.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia harus meraih kemenangan atas Filipina untuk bisa melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
Adapun pertandingan melawan Filipina juga akan digelar di SUGBK, Rabu (11/6/2024) mendatang.

Shin Tae-yong mengakui akan mempersiapkan tim lebih baik demi bisa membawa skuad Garuda melangkah ke babak ketiga. Ia juga menyebut bahwa Filipina bukan lawan yang mudah untuk dihadapi.

“Bingung juga harus bilang apa, tapi intinya saya akan mempersiapkan tim lebih baik pastinya. Kami tak bisa mundur, kami harus bekerja keras lebih lawan Filipina, dan memang Filipina juga sulit untuk dihadapi. Tetapi para pemain harus bekerja keras, dan hari ini juga sama,” ucap Shin Tae-yong, seusai pertandingan.

Sementara itu, Irak sudah dipastikan lolos sebagai juara Grup F. Mereka telah mengoleksi 15 poin dari lima laga yang telah dijalani. Pada laga pemungkas, mereka akan menjamu Vietnam, 11 Juni nanti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat