sveosportu.com

FIFA Resmi Tetap Sekjen Baru

Logo FIFA (Hendy Andika/Skor.id).

- Menjelang digelarnya Kongres FIFA ke-74 di Bangkok, Thailand, Jumat (17/5/2024) nanti, Dewan FIFA telah terlebih dahulu menggelar pertemuan, hari ini, untuk membuat beberapa keputusan yang strategis, terutama kaitannya dengan sepak bola wanita dan organisasi.

Terkait organisasi, Dewan FIFA secara resmi menunjuk Mattias Grafström sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) FIFA. Sebelumnya, dia memang menjabat sebagai Sekjen FIFA sementara sejak Oktober 2023. 

Mendapatkan amanah tersebut, lelaki berdarah Swedia-Belanda ini pun merasa terhormat.

"Saya merasa rendah hati dan sangat terhormat telah ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal FIFA dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden FIFA, Gianni Infantino, Presiden Konfederasi, Wakil Presiden dan anggota Dewan FIFA karena telah mempercayai saya untuk melayani sepak bola dalam posisi yang begitu penting," kata Mattias Grafström, dalam rilis resmi FIFA, Rabu (15/5/2024).

“Sepak bola adalah hasrat saya sejak saya lahir. Saya mulai memainkannya sebagai seorang anak dan bekerja di sepak bola sepanjang hidup saya di semua tingkatan yang berbeda. Oleh karena itu, tidak ada kata-kata untuk mengungkapkan perasaan saya karena saya menerima dengan bangga dan dengan rasa tanggung jawab yang besar, tantangan terbesar dalam kehidupan profesional saya.” 

“Bersama dengan tim FIFA, tentu saja saya akan mendedikasikan diri saya lebih dari sebelumnya untuk melayani permainan sepak bola kami yang indah, FIFA dan 211 Asosiasi Anggotanya,” tambahnya.

Selain itu, Dewan FIFA menyetujui pembentukan kelompok kerja untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut dan mengeluarkan rekomendasi mengenai potensi amandemen Peraturan FIFA yang Mengatur Pertandingan Internasional.

Peserta Piala Dunia Antarklub Wanita 2026

Pada sisi lain, Dewan FIFA dengan suara bulat juga menyetujui Kalender Pertandingan Internasional Wanita (WIMC) pada periode 2026-2029.

WIMC 2026-2029 adalah hasil dari proses konsultasi yang telah didukung oleh penelitian dan analisis ekstensif dalam koordinasi dengan Konfederasi dan pemangku kepentingan lainnya.

Berdasarkan pendekatan pemain-sentris, WIMC 2026-2029 akan memberikan lebih banyak kesempatan untuk istirahat dan pemulihan bagi pemain sepanjang kalender, dengan pengurangan jumlah periode dari enam menjadi lima. Itu untuk memfasilitasi lebih sedikit gangguan pada liga domestik dan mengurangi perjalanan.

Selain itu, mengikuti keputusan Dewan FIFA pada Desember 2022 untuk menyetujui prinsip strategis memperkenalkan Piala Dunia Antarklub Wanita dan konsultasi ekstensif berikutnya dengan konfederasi dan pemangku kepentingan lainnya, diusulkan bahwa edisi perdana ajang tersebut akan diikuti 16 tim pada Januari-Februari 2026. Turnamen ini akan diadakan setiap empat tahun. Rincian lebih lanjut akan menyusul kemudian.

Untuk memfasilitasi pengembangan global yang berkelanjutan dari klub wanita dan berdasarkan permintaan dari konfederasi untuk memberikan kesempatan bermain yang cukup setiap tahun, diusulkan lebih lanjut bahwa kompetisi klub wanita FIFA tambahan akan diselenggarakan pada tahun-tahun Piala Dunia Klub Wanita non-FIFA sejak 2027.

Selain itu, untuk lebih melindungi kesejahteraan pemain dan pelatih wanita, serta mengikuti mandat Dewan FIFA pada 14 Maret 2023, FIFA akan mengubah Peraturan tentang Status dan Transfer Pemain per 1 Juni 2024 untuk fokus pada poin-poin penting berikut yang telah dibahas secara menyeluruh dengan pemangku kepentingan sepak bola.

Poin-poin penting itu adalah memperluas hak dan perlindungan kepada orang tua angkat serta ibu non-biologis, mengenali dimensi fisik, psikologis, dan sosial jika terjadi ketidakmampuan untuk menyediakan layanan ketenagakerjaan karena menstruasi yang parah atau komplikasi medis yang berkaitan dengan kehamilan.

Kemudian mendorong asosiasi untuk memfasilitasi keterikatan dan keseimbangan emosional bagi pemain wanita dengan keluarga mereka saat bertugas di pertandingan internasional.

“Kalender Pertandingan Internasional Wanita dan amandemen selanjutnya terhadap peraturan kami mewakili tonggak penting dalam janji kami untuk membawa sepak bola wanita ke tingkat berikutnya dengan meningkatkan daya saing di seluruh dunia. Terutama di wilayah-wilayah di mana sepak bola wanita kurang berkembang dan melindungi kesejahteraan para pemain. Setelah menyetujui kalender jauh sebelumnya akan bermanfaat untuk tujuan perencanaan," kata Gianni Infantino, Presiden FIFA.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua konfederasi dan pemangku kepentingan lainnya atas upaya dan komitmen mereka terhadap tujuan bersama kami," tambahnya.

Dewan FIFA juga dengan suara bulat mendukung pendirian global melawan rasisme dalam sepak bola yang akan dipresentasikan pada Kongres FIFA ke-74 pada Jumat (17/5/2024) nanti.

Sehubungan dengan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita 2027, pemungutan suara akan dilakukan pada Kongres FIFA ke-74.

Saat ini, yang menjadi kandidat tuan rumah adalah Belgia, Belanda, dan Jerman (tuan rumah bersama), serta Brasil.

Dewan FIFA juga mengkonfirmasi pembaruan turnamen berikut:

-Piala Dunia Wanita Futsal 2025 digelar di Filipina.

-Alokasi slot Piala Dunia Wanita U-17 yang digelar di Maroko pada 2025-2029: AFC (4), CAF (5), Concacaf (4), CONMEBOL (4), OFC (2), UEFA (5).

-Alokasi slot Piala Dunia U-17 yang digelar di Qatar pada 2025-2029: AFC (9), CAF (10), Concacaf (8), CONMEBOL (7), OFC (3), UEFA (11)

-Piala Arab FIFA: Atas permintaan Asosiasi Sepak Bola Qatar, Qatar akan menjadi tuan rumah turnamen pada tahun 2025, 2029 dan 2033, yang akan mengikuti prinsip invitasi (undangan) yang tidak termasuk dalam Kalender Pertandingan Internasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat