sveosportu.com

Fussballliebe, Bola Euro 2024 Bikin Pemain Sulit Curang

Gelandang internasional Inggris Jude Bellingham bersama bola resmi Euro 2024 Fussballliebe. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

– Pertengahan November 2023 lalu, Persatuan Asosiasi-asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dan Adidas memperkenalkan bola resmi yang akan dipakai untuk seluruh 51 pertandingan di Euro 2024

Bola yang diberi nama Fussballliebe (Jerman untuk “kecintaan terhadap sepak bola”) itu akan lebih maju secara teknologi dibandingkan bola-bola sebelumnya karena menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan. 

Dibuat dari bahan yang ramah lingkungan, Fussballliebe sudah dipakai pada sejumlah laga akhir kualifikasi. Fussballliebe menjadi bola sepak paling revolusioner karena menjadi yang pertama mengaplikasi apa yang disebut Connected Ball Technology (Teknologi Bola Terhubung). 

Teknologi canggih yang dikembangkan Adidas bersama Kinexon itu akan membuat Fussballliebe mampu mengirimkan data yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dan posisi para pemain. 

Connected Ball Technology juga akan membantu melengkapi teknologi offside semiotomatis serta membantu ofisial VAR dalam mengidentifikasi setiap kontak dengan bola, memangkas waktu untuk memastikan handball atau insiden penalti. 

Di bagian tengah bola terdapat sistem suspensi yang menampung sensor gerak yang ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang dan dengan unit pengukuran inersia (IMU) 500 Hz, yang dapat memberikan wawasan yang belum pernah ada sebelumnya tentang setiap pergerakan bola.   

Fussballliebe didesain khusus untuk akurasi yang jauh lebih baik dalam permainan. Ini tak lepas dari peran 20 panel Precisionshell dan alur timbul yang secara strategis menempel pada kulit terluar bola. 

Komposisi bola pertandingan ini telah diteliti dan diuji dengan cermat baik di dalam maupun di luar lapangan untuk memastikan aliran udara terkontrol di sekitar bola dan untuk meningkatkan aerodinamika. 

Kulit luar Precisionshell ini didukung oleh CTR-CORE inovatif di dalam bola, yang dirancang untuk akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat dan presisi dengan bentuk dan retensi udara yang maksimal. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat