sveosportu.com

Hantu Pembalap Ikonik Bikin Seram Brooklands Motor Course

Sirkuit Brooklands Motor Course lebih terkenal karena tewasnya Percy Lambert. (M. Yusuf/Skor.id)

 – Sirkuit Brooklands Motor Course yang terletak di Weybridge itu dibuka pada 1907 dan menggelar Grand Prix Inggris 19 tahun kemudian (hanya dua kali melombakan GP Inggris, 1926 dan 1927).

Namun, sirkuit ini mungkin lebih dikenal karena menjadi saksi tewasnya pembalap Inggris Percy Edgar Lambert pada 15 Februari 1913.

Pembalap ikonik asli Brooklands itu menjadi orang pertama yang mampu menembus kecepatan 100 mil per jam (sekira 160,93 km/jam) di atas mobil Talbot dengan mesin berkatup samping berkapasitas 4,5 liter.

Namun, rekor itu dipecahkan Jean Chassagne, setelah pembalap asal Prancis itu mampu melesat 107,95 mil per jam. Lambert pun merasa tertantang dan ingin merebut kembali rekor itu.

Sayangnya, tragedi terjadi saat ia melesatkan mobil di Brooklands dan berusaha mengalahkan catatan kecepatan Chassagne. Salah satu ban Lambert pecah sehingga mobilnya keluar jalur.

Saat mobilnya berhenti, Lambert ditemukan tergeletak telungkup di tengah tepian Member’s Bridge, tidak sadarkan diri tetapi bernapas. Lambert lalu dilarikan ke RS Weybridge Cottage tetapi meninggal dalam perjalanan ke sana.

Tempat kematian Lambert masih ada hingga saat ini, meskipun Sirkuit Brooklands Motor Course telah sangat lama ditinggalkan.

Balapan di Brooklands dihentikan setelah pecahnya Perang Dunia II, dengan pertemuan terakhir diadakan kurang dari sebulan sebelum perang dimulai pada tahun 1939. Bom juga berjatuhan di jalur selama konflik. 

Namun begitu, aspek berhantu di sirkuit ini berasal dari suatu malam di tahun 1970-an, ketika petugas keamanan British Aircraft Corporation sedang melihat ke arah bukit dan melihat titik “kegelapan” yang luas melayang di atasnya. Dia mengaku kemudian mendengar suara “benturan kecelakaan hingga logam atau kayu yang terpecah-pecah”.

Dia melanjutkan dengan mengatakan: “Test Hill masih ditumbuhi tanaman pada saat itu. Tetapi dua hari kemudian, ketika saya mengumpulkan keberanian untuk menyelidiki, tidak ada sehelai rumput pun, atau sebatang pun dahan pohon yang patah. 

“Pasti ada sesuatu yang aneh di area itu, dan saya tipe orang berkepala dingin yang tidak bisa membayangkan apa pun.”

Area-area “berhantu” di Brooklands Motor Course memang diyakini terkait erat dengan kematian tragis Lambert. 

Beberapa banking – lintasan yang sengaja dimiringkan dengan bagian terendahnya berada di sisi “dalam” arah tikungan – tempat Lambert meninggal, bahkan masih berdiri. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat