sveosportu.com

Hari Buku: 5 Rekomendasi Biografi Atlet yang Inspiratif

Kiri ke kanan: Lebron, Forward, Magic, Good for a Girl, dan Michael Jordan: The Life (Yusuf/Skor.id).

– Tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku. Salah satu jenis buku yang bisa menjadi inspirasi bagi kita adalah biografi dan autobiografi.

Termasuk di antaranya biografi atau autobiografi dari para atlet yang merupakan kisah olahraga dari sosok atlet hebat yang membuat semua orang bersemangat. 

Biografi dan memoar olahraga berikut ini dikemas dengan drama atletik yang akan dinikmati oleh tiap pembaca. 

Mulai dari kemenangan yang tidak diunggulkan dan penyelesaian yang menarik perhatian, hingga kehidupan di luar lapangan dan kebangkitan pribadi yang penuh kemenangan dari para atlet terhebat.

Berikut ini adalah lima rekomendasi buku autobiografi dan biografi atlet internasional yang layak dijadikan inspirasi: 

1. Magic: The Life of Earvin "Magic" Johnson

Oleh: Roland Lazenby

Dari Roland Lazenby, penulis biografi terkenal Michael Jordan, Kobe Bryant, dan Jerry West, muncullah Magic, biografi olahraga definitif legenda bola basket Earvin “Magic” Johnson. 

Johnson berhasil mencapai level baru yang menakjubkan selama kariernya di lapangan, mengubah bola basket Amerika menjadi hiburan papan atas.

Dengan gaya bermainnya yang menarik dan memimpin Los Angeles Lakers menuju kejayaan selama era Showtime tim. 

Namun Johnson juga menghadapi banyak skandal dan kontroversi, termasuk gaya hidupnya yang boros dan pensiun yang mengejutkan dari bola basket setelah diagnosis HIV-nya. 

Lazenby memanfaatkan ratusan wawancara dengan rekan satu tim, pelatih, rival, dan banyak lagi untuk menangkap setiap aspek dari sosok kompleks ini.

Menawarkan kisah yang mencekam dan komprehensif tentang pemain terkenal dan kariernya yang luar biasa.

2. Michael Jordan: The Life

Oleh: Roland Lazenby

Michael Jordan melampaui dunia olahraga. Anda mengenalnya meskipun Anda tidak tahu apa-apa tentang bola basket, dan jika Anda besar pada era 1990-an, Jordan praktis ada di mana pun Anda memandang. 

Dalam Michael Jordan: The Life, sang penulis Roland Lazenby menelusuri karier Jordan mulai dari mahasiswa hingga superstar NBA dan seterusnya. 

Dalam perjalanannya, Lazenby memperumit pemahaman kolektif kita tentang ikon olahraga tersebut.

Ia melawan citra Jordan di lapangan dengan sisi gelap dari karakternya, hubungannya yang sulit, dan ambisinya yang tanpa ampun.

3. Forward

Oleh Abby Wambach

Dalam Forward, tokoh sepak bola wanita Amerika Serikat dan peraih medali emas Olimpiade dua kali, Abby Wambach, menceritakan perjalanannya sebagai atlet.

Dimulai dari dimasukannya Wambach ke tim sepak bola putra pada usia tujuh tahun hingga jadi salah satu pemain sepak bola terhebat sepanjang masa dalam sejarah olahraga ini. 

Kisah Wambach yang menarik penuh dengan ketabahan dan tekad, serta mencerminkan tantangan unik yang dihadapi wanita dalam upaya mereka menjadi atlet yang hebat. 

Buku ini layak dibaca oleh penggemar olahraga dan siapa pun yang membutuhkan inspirasi.

Untuk pemberdayaan dosis ganda, lihat Wolfpack, buku terlaris #1 New York Times dari Wambach tahun 2019 yang mendorong perempuan untuk bersatu dan mengeluarkan potensi batin mereka.

4. Good for a Girl

Oleh Lauren Fleshman

Dalam buku terlaris Good for a Girl, pelari elite Lauren Fleshman memanfaatkan kisahnya sendiri dan karya para psikolog dan ahli fisiologi untuk mengadvokasi transformasi radikal dalam olahraga bagi remaja putri. 

Bersaing di institusi yang tidak dibangun untuk mereka, para atlet wanita terhambat sejak awal dan diganggu oleh seksisme, gangguan makan, serta cedera fisik dan mental. 

Banyak calon elite yang keluar sebelum mereka benar-benar mencapai kejayaan. Fleshman berpendapat bahwa kita sudah lama menunggu perubahan. 

Pembaca akan menemukan banyak hal yang disukai dalam narasi Fleshman yang menggembirakan.

Yang memadukan memoar olahraga dengan manifesto dan menunjukkan semangat untuk sukses pribadi serta menciptakan dunia di mana semua atlet wanita diizinkan untuk berkembang.

5. LeBron

Oleh Jeff Benedict

Kami melengkapi daftar kami dengan legenda hidup LeBron James yang masih bermain di puncak permainannya. 

Dalam LeBron, sang penulis Jeff Benedict mengisahkan kisah LeBron James yang berlapis dan inspiratif.

Mulai dari tahun-tahun awal perjuangannya sebagai putra seorang ibu muda hingga menjadi draft pick No.1 di NBA sejak lulus SMA dan transformasinya menjadi pebasket terhebat. pemain abad ke-21. 

Berdasarkan penelitian selama tiga tahun dan lebih dari 250 wawancara, narasi Benedict lebih dari sekadar kesuksesan James di pengadilan.

Mengeksplorasi hubungannya dengan ketenaran dan identitas gandanya sebagai selebriti dan aktivis yang memperjuangkan keadilan sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat