sveosportu.com

Hari Tanpa Tembakau: Studi Ungkap 56 Penyakit Ancam Perokok

Tidak merokok dan tidak meminum alkohol bisa membantu mencegah penyakit kanker (Yusuf/Skor.id).

– Jumat (31/5/2024) ini bertepatan dengan perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2024 atau World No Tobacco Day

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) awalnya mendeklarasikan perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada 1987 untuk meningkatkan kesadaran akan dampak berbahaya dari konsumsi tembakau. 

Namun, setelah disetujuinya resolusi pada tahun 1988, dunia mulai merayakan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tiap tanggal 31 Mei.

Rasanya wajar WHO mencanangkan Hari Tanpa Tembakau Sedunia karena berbagai dampak buruk dari rokok, yang mengandalan tembakau sebagai bahan utamanya.

The American Cancer Association menyatakan bahwa merokok dapat merusak saluran udara dan kantung udara kecil di paru-paru.

Proses tersebut dimulai segera setelah seseorang pertama kali mulai merokok dan makin memburuk dari waktu ke waktu, meningkatkan kemungkinan orang tersebut terkena penyakit pernapasan atau kanker.

Perokok memiliki 10% peningkatan risiko menderita hingga 56 penyakit berbeda yang berasal dari 22 penyebab berbeda dibanding mereka yang tidak pernah merokok.

Beberapa di antaranya tidak mengherankan, tetapi ada juga banyak lainnya yang biasanya tidak diasosiasikan dengan tembakau sebagai penyebab.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam The Lancet Public Health menganalisis 85 penyebab kematian dan 480 penyakit individu yang berbeda menggunakan data dari China Kadoorie Biobank.

Penelitian difokuskan di Cina, negara di mana orang banyak merokok - diperkirakan 40% dari tembakau di dunia, meskipun efek negatif tembakau bersifat global.

Untuk mengeksplorasi efek negatif tembakau, lebih dari 512.000 orang dewasa usia antara 30 dan 79 tahun berpartisipasi antara tahun 2004 dan 2008.

Mereka adalah orang-orang yang tidak pernah merokok, yang merokok secara teratur tetapi telah berhenti, dan lainnya yang saat ini merokok.

Para peneliti mencoba mengendalikan semuanya: usia mereka mulai merokok, frekuensi dan produk yang mereka konsumsi, serta tingkat karbon monoksida di udara yang dihembuskan. 

Juga usia, tingkat pendidikan dan kebiasaan konsumsi alkohol mereka.

Tindak lanjut yang dilakukan rata-rata berlangsung selama sebelas tahun. Selama periode ini, tercatat 48.800 peserta meninggal dan sekitar 1,14 juta kasus penyakit.

Berhenti Merokok

Mengingat hasilnya, merokok berada di belakang semua jenis kanker, kanker laring menjadi salah satu dengan risiko tertinggi dengan 216%, penyakit metabolik.

Seperti diabetes, kondisi kardiovaskular (stroke, serangan jantung, angina pektoris, emboli), sirosis, maag, atau penyakit paru-paru (pneumotoraks, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronik).

Profil yang paling mungkin mengalami beberapa jenis kecelakaan akibat tembakau adalah pria kota yang merokok secara teratur.

Satu fakta yang juga patut diperhatikan, orang yang berhenti merokok sebelum didiagnosis menderita penyakit serius, memiliki risiko yang sangat mirip dengan orang yang tidak pernah merokok setelah satu dekade bebas rokok.

"Hasilnya adalah pengingat yang jelas akan konsekuensi serius dari merokok dan manfaat berhenti sebelum penyakit serius berkembang," ujar Ka Hung Chan, seorang peneliti Oxford Population Health dan penulis utama studi tersebut.

Para ilmuwan yang bertanggung jawab atas penelitian ini percaya bahwa tembakau sangat mengakar di masyarakat.

Selain zat adiktifnya yang bikin ketagihan, ada mitos yang menyebut bahwa berhenti merokok bisa berdampak buruk. Mitos lain menyebut merokok tidak berbahaya.

Oleh karena itu, penelitian ini harus jadi peringatan bagi pihak berwenang untuk cepat bereaksi sebelum terlambat karena kebiasaan merokok merenggut lebih banyak nyawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat