sveosportu.com

Dortmund vs Real Madrid: Los Blancos Juara Liga Champions

Real Madrid menjadi juara Liag Champions musim 2023-2024 setelah mengalahkan Borussia Dortmund di final. (Hendy Andika/Skor.id)

- Berikut ini hasil pertandingan Borussia Dortmund vs Real Madrid pada laga final Liga Champions 2023-2024.

Final Liga Champions 2023-2024 antara Borussia Dortmund vs Real Madrid, dilangsungkan di Stadion Wembley, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB.

Real Madrid sukses menundukkan Borussia Dortmund di laga final Liga Champions 2023-2024 dengan skor 2-0.

Hasil ini membuat Los Blancos semakin menunjukkan dominasi mereka di kompetisi ini, dengan total raihan 15 gelar.

Pada pertandingan final Liga Champions ini, pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, menurunkan Vinicius Junior dan Rodrygo di depan. Di belakangnya, Jude Bellingham memberi dukungan.

Trio lini tengah dipercayakan kepada Federico Valverde, Eduardo Camavinga, dan Toni Kroos.

Thibaut Courtois dipercaya menjadi penjaga gawang, sementara Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Nacho Fernandez, dan Ferland Mendy tampil mengisi barisan belakang.

Sedangkan di kubu Borussia Dortmund, Edin Terzic mengandalkan Karim Adeyemi, Niclas Fullkrug, dan Jadon Sancho di lini depan.

Marcel Sabitzer, Emre Can, dan Julian Brandt tampil sebagi penyambung lini depan dan lini belakang.

Borussia Dortmund dan Real Madrid. (Hendy Andika/).
Borussia Dortmund dan Real Madrid bertemu dalam final Liga Champions 2023-2024, Minggu (2/6/2024) pukul 02.00 WIB. (Hendy Andika/).

Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schloterbeck, dan Ian Maatsen bermain di posisi pertahanan mengawal Gregor Kobel yang menjadi penjaga gawang.

Pada babak pertama, Real Madrid justru tampak tertekan, sementara Borussia Dortmund justru terlihat tampillebih efektif.

Namun, Los Blancos berhasil bangkit di babak kedua yang akhirnya menentukan kemenangan mereka atas Die Borussen.

Toni Kroos menjadi dalang di balik gol Dani Carvajal pada menit ke-74, membuat Real Madrid unggul 1-0.

Berkat gol ini Dani Carvajal (32 tahun dan 142 hari), menjadi pemain tertua Real Madrid yang mencetak gol di final Liga Champions.

Hanya berjarak sembilan menit, Vinicius Junior (83') menggandakan keunggulan Los Blancos, setelah meneruskan umpan Jude Bellingham.

Vinicius yang berusia 23 tahun 325 hari, menjadi pemain termuda dalam sejarah yang mencetak gol di dua final Liga Champions (setelah final vs Liverpool 2022), melampaui catatan Lionel Messi (23 tahun 338 hari) pada 2011.

Die Borussen sebenarnya hampir menghidupkan kembali peluang mereka, Niclas Fullkrug sempat mencetak gol pada menit ke-86, tetapi dianulir wasit karena lebih dulu dalam posisi offside.

Hasil 2-1 untuk keunggulan Real Madrid tidak berubah, Los Blancos merayakan gelar Liga Champions ke-15 sepanjang sejarah mereka.

Berkat penampilannya pada pertandingan ini, Toni Kroos menyamai catatan Thomas Muller, sebagai pemain Jerman dengan penampilan terbanyak di Liga Champions (151).

Ini menjadi perpisahan indah bagi Toni Kroos yang akan pensiun setelah gelaran Euro 2024 (Piala Eropa 2024).

Fakta menarik lainnya adalah Jude Bellingham (Real Madrid) dan Jadon Sancho (Dortmund), adalah dua pemain Inggris yang untuk pertama kali bertemu di final Liga Champions, saat tampil membela tim non-Inggris di laga final.

Selain itu Jude Bellingham juga menjadi starter ketiga termuda Real Madrid di laga final Liga Champions, setelah Iker Casillas pada tahun 2000 (19 tahun 4 hari) dan Raul Gonzalez pada tahun 1998 (20 tahun 327 hari).

Di antara pemain lain yang lahir sejak tahun 2000, tidak ada yang memiliki penampilan lebih banyak di ajang Liga Champions lebih dari Vinicius Junior (56) dan Rodrygo Goes (52, sama seperti Phil Foden).

Fans Night: Dortmund VS Madrid kali ini disponsori oleh Gotrade Indonesia, aplikasi pertama di Indonesia yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam saham saham global terutama US dengan mudah dan aman. Terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) serta bekerja sama dengan PT Valbury Asia Futures, Gotrade memberikan pengalaman investasi yang tepercaya.

Buat kamu yang ingin mulai investasi saham global, Gotrade Indonesia adalah pilihan yang tepat! Jadi, tunggu apa lagi? Mulai investasi saham US bersama Gotrade Indonesia yang tersedia di Play Store, App Store, dan website.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat