sveosportu.com

Kualifikasi F1 GP Emilia Romagna: Verstappen Setara Senna

Max Verstappen

Max Verstappen sukses mengeklaim pole position Formula 1 Grand Prix Emilia Romagna 2024 untuk mempertegas dominasinya musim ini sekaligus menyamai rekor pembalap legendaris Ayrton Senna.

Bintang Red Bull Racing tersebut meraih pole F1 GP Emilia Romagna setelah mencetak waktu lap tercepat dalam kualifikasi di Sirkuit Imola, Sabtu (18/5/2024). Torehannya 1 menit 14,746 detik. 

Verstappen mampu mengalahkan duo McLaren, Oscar Piastri dan Lando Norris, yang mesti puas finis di posisi kedua serta ketiga pada sesi kualifikasi terakhir (Q3).  

Ia unggul tipis atas Piastri, 0,074 detik, dan 0,091 detik dengan Norris. Pole F1 GP Emilia Romagna menjadi yang kedelapan beruntun diraih Super Max sejak putaran terakhir musim lalu di Abu Dhabi.

Tahun ini, sang juara dunia F1 tiga kali menyapu bersih pole position tujuh GP awal. Raihan di Imola juga sekaligus membuat Max Verstappen sukses menyamai rekor yang dicetak Ayrton Senna tiga dekade silam.

Ketika itu, Senna membukukan delapan pole beruntun mulai dari GP Spanyol 1988, balapan ke-14 dalam kalrender, hingga putaran kelima musim berikutnya, GP Amerika Serikat 1989, saat memperkuat McLaren.

Verstappen mengaku sangat senang sekaligus merasa terhormat dapat menyamai pencapaian luar biasa Ayrton Senna dan berbagi rekor dengan sosok legenda, yang tewas akibat crash di Imola pada 1 Mei 1994.

“Ini awal yang baik untuk tahun ini, namun juga sangat spesial untuk menyamai rekor Senna di trek ini, 30 tahun setelah kematiannya. Sangat senang bisa meraih pole di sini,” kata Verstappen.

“Dalam beberapa hal, ini adalah cara yang bagus untuk mengenangnya. Ayrton merupakan pembalap yang luar biasa, khususnya dalam kualifikasi. Jadi, saya sangat senang,” tambah Super Max.

Lebih lanjut soal pole position GP Emilia Romagna yang disabetnya, Max Verstappen mengatakan itu tidak terduga. Terutama setelah ia kesulitan dalam tiga sesi latihan di Imola, di mana ia selalu finis di luar Top 5.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat