sveosportu.com

Permalukan Madura United, Persib Juara Liga 1 2023-2024

Madura United vs Persib Bandung di leg kedua final Championship Series Liga 1 2023-2024 pada 31 Mei 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

- Persib Bandung berhasil jadi juara setelah kembali memengkan laga final Championship Series Liga 1 2023-2024, Jumat (31/5/2024) malam.

Tandang ke Stadion Gelora Bangkalan, Madura, pada leg kedua. tim berjuluk Maung Bandung itu mempermalukan Madura United dengan skor 3-1.

Gol dicetak David da Silva (60'), Marc Klok (86'), dan Beckham Putra (90+2'). Balasan tim berjuluk Laskar Sape Kerrab dari Slamet Nurcahyo (90+5').

Hasil itu membuat Persib menjadi juara dengan keunggulan agregat 6-1 karena menang 3-0 pada leg pertama Championship Series Liga 1 2023-2024.

Jalannya Pertandingan

Persib yang sudah unggul agregat tiga gol malah bermain agresif sejak laga dimulai. Ancaman langsung diberikan dan sempat membentur mistar.

Perlahan Madura United bisa keluar dari tekanan dan menebar ancaman. Bola sepakan Jacob Mahler masih bisa diamankan kiper Kevin Mendoza.

Gempuran terus dilakukan, namun tak kunjung berbuah hasil manis hingga menit ke-20, dan Maung Bandung pun mulai bisa kembali keluar menyerang.

Laskar Sape Kerrab bisa mendominasi penguasaan bola, tapi terus kesulitan membongkar pertahanan tamunya yang mengandalkan serangan balik.

Persib kehilangan Dedi Kusnandar karena cedera dan digantikan dengan Marc Klok di menit ke-40. Setelahnya mereka bisa mengancam via Ciro Alves.

Setelahnya saling balas serangan terjadi di tengah dominasi tim tuan rumah, akan tetapi tidak ada gol hingga waktu turun minum. Babak pertama usai 0-0.

Hasil Pertandingan Liga 1 2023-2024
Hasil pertandingan Liga 1 2023-2024. (Yusuf/)

Babak Kedua

Maung Bandung langsung tampil menyerang saat pertandingan memasuki paruh kedua. Peluang dimiliki Febri Hariyadi yang masih gagal dimaksimalkan.

Memasuki menit ke-50, Madura United bisa kembali mendominasi penguasaan bola dan terus mengurung pertahanan lawannya, namun sulit berkreasi.

Asyik menyerang, Laskar Sape Kerrab malah kebobolan di menit ke-60 via David da Silva yang menyambar bola liar usai sepakan Ciro ditepis kiper.

Dua pergantian langsung dilakukan tim tuan rumah. Riyatno Abiyoso dan Slamet Nurcahyo masuk usai kaluar Alexvan Djin dan Hugo Gomes 'Jaja'.

Malik Risaldi mendapat peluang emas di menit ke-70 yang digagalkan Kevin Mendoza. Persib lalu mengganti Henhen Herdiana dan Febri Hariyadi dengan Edo Febriansah dan Ezra Walian.

Kepungan terus dilakukan Madura United namun masih mengalami kebuntuan, sedangkan serangan balik Maung Bandung bisa lebih membahayakan.

Gol tambahan diciptakan Maung Bandung pada menit ke-86 melalui Marc Klok yang menyambar umpan silang dari Ciro Alves usai melakukan tusukan.

Laskar Sape Kerrab kembali dibobol pemain pengganti yakni Beckham Putra, yang lagi-lagi umpan dari Ciro Alves, pada menit ke-90+2.

Penalti didapatkan tim tuan rumah dan bisa dieksekusi dengan baik oleh Slamet Nurcahyo di menit ke-90+5. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-3.

Susunan Pemain Utama

Madura United: Lucas Frigeri; Novan Sasongko, Fachruddin Aryanto, Cleberson Martins, Dodi Alexvan Djin; Jacob Mahler, Hugo Gomes 'Jaja', Francisco Rivera; Koko Ari, Dalberto Luan, Malik Risaldi;
Pelatih: Rakhmat Basuki

Persib Bandung: Kevin Mendoza; Henhen Herdiana, Alberto Rodriguez, Nick Kuipers, Rezaldi Hehanusa; Rachmat Irianto, Dedi Kusnandar, Stefano Beltrame; Febri Hariyadi, David da Silva, Ciro Alves;
Pelatih: Bojan Hodak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat