sveosportu.com

Juara French Open 2024, Swiatek Hat-trick di Roland Garros

Iga Swiatek juara French Open 2024

Iga Swiatek mempertegas statusnya sebagai petenis putri nomor 1 dunia pada final French Open 2024. Ia sukses mengalahkan Jasmine Paolini secara meyakinkan, 6-2, 6-1, hanya dalam waktu 68 menit.

Kemenangan atas unggulan ke-12 di Court Philippe-Chatrier, Paris, Sabtu (8/6/2024) itu juga memastikan Swiatek mengukir prestasi langka, yakni menjuarai French Open atau Roland Garros tiga musim beruntun.

Ia jadi petenis putri ketiga di era Open yang mampu hat-trick dalam turnamen Grand Slam lapangan tanah liat tersebut. Iga Swiatek menyamai pencapaian dua legenda, Monica Seles dan Justine Henin.

Seles melakukannya pada rentang periode 1990, 1991, serta 1992. Sedangkan Henin keluar sebagai juara Roland Garros di musim 2005, 2006, dan 2006.

Swiatek juga mencatatkan dirinya sebagai tunggal putri kedua setelah Serena Williams yang sukses hat-trick gelar di tiga turnamen top lapangan tanah liat WTA: Madrid Open, Italian Open, serta French Open.

“Saya hampir tersingkir dari turnamen pada putaran kedua (melawan Naomi Osaka). Ini adalah turnamen yang sangat emosional,” ujar Swiatek, yang baru berulang tahun ke-23 pada 31 Mei, seusai pertandingan.  

“Saya menyukai tempat ini, saya menunggu setiap tahun untuk bermain di sini. Jadi, terima kasih kepada kalian yang telah mendukung dan menyemangati saya sehingga momen ini mungkin terjadi,” tambahnya.

Menghadapi, Jasmine Paolini, Iga Swiatek tidak mengalami kendala berarti. Ia mampu menang dua set dan hanya kehilangan total tiga game melawan petenis kebangsaan Italia tersebut. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat