sveosportu.com

Indonesia Open 2024: Anthony Ginting Gugur di Babak Pertama

Anthony Sinisuka Ginting, pebulu tangkis Indonesia

– Tunggal putra andalan Merah Putih, Anthony Sinisuka Ginting, secara mengejutkan langsung tersingkir pada babak pertama Indonesia Open 2024.

Ginting yang menempati unggulan ketujuh, takluk dari Kenta Nishimoto (Jepang) di hadapan publik Istora Senayan, Jakarta pada Selasa (4/6/2024).

Sempat unggul pada gim pertama, Anthony Ginting justru menyerah 21-17, 11-21, 8-21 melawan Nishimoto.

Dalam wawancara seusai laga, Ginting mengakui bahwa lawan memang bermain lebih baik dibandingkan dirinya, terlebih di gim kedua dan ketiga.

“Pertama mengucap syukur bisa selesai tanpa cedera pertandingan yang cukup ketat juga. Kenta bermain dengan cukup baik, dia bisa menguasai permainan di set 2-3,” kata Ginting.

“Di balik itu, saya juga banyak melakukan kesalahan sendiri, jadi gak bisa juara lebih ke situ sih.”

Ginting juga tak menampik bahwa faktor terbesar dari kekalahannya kali ini memang karena performanya yang kurang maksimal.

“Lebih ke diri sendiri aja sih, kurang bisa fokus ke permainan juga. Kami (Ginting dan lawan) sudah beberapa kali ketemu sebelumnya, sudah sama-sama tahu permainan masing-masing,” tambah pebulu tangkis 27 tahun itu.

“Jadi memang kendala match hari ini lebih ke diri sendiri aja sih.”

Kekalahan juga dialami wakil tunggal putra tuan rumah lainnya, Chico Aura Dwi Wardoyo, yang turut melakoni laga 32 besar pada hari ini.

Chico gagal melaju ke babak 16 besar usai dikalahkan Kataphon Wangcharoen (Thailand) dengan dua gim langsung, 16-21, 9-21.

Diakui Chico dirinya tak bisa keluar dari tekanan sang lawan sepanjang pertandingan.

Kondisi itu pun membuat Chico jadi mengikuti pola permainan Kataphon sehingga tidak bisa menampilkan permainan terbaiknya.

“Saya tidak bisa keluar dari tekanan lawan. Lawan sangat bermain menekan di laga ini. Jadi saya kesulitan untuk bisa mengadang permainan cepat dan menekan lawan,” ungkap Chico.

“Menghadapi Indonesia Open 2024, saya dalam keadaan siap untuk bertanding. Tidak ada cedera yang menimpa. Semua berjalan dengan baik dan memang dari pikiran harus fokus lagi sejak awal.”

Meski harus langsung kehilangan dua amunisi di tunggal putra, tuan rumah berhasil meloloskan enam wakil dari empat sektor lainnya ke babak 16 besar Indonesia Open 2024.

Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Gregoria Mariska Tunjung berhasil menjaga asa Indonesia di sektor tunggal putri setelah mengemas kemenangan pada hari pertama.

Di sektor ganda putra, Sabar Karyaman/Muhammad Reza Pahlevi mengalahkan sesama wakil tuan rumah, Rahmat Hidayat/Yeremia Erick Yoche Yacob Rambitan untuk melaju ke babak kedua.

Sementara itu, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga lolos ke babak kedua setelah menang atas Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) pada laga perdana.

Indonesia juga meloloskan dua wakil di sektor ganda campuran ke 16 besar melalui Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah.

Hasil Pertandingan Wakil Indonesia di Babak 32 Besar Indonesia Open 2024:

Tunggal Putra

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Kataphon Wangcharoen (Thailand): 16-21, 9-21
Anthony Ginting vs Kenta Nishimoto (Jepang): 21-17, 11-21, 8-21

Tunggal Putri

Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Nozomi Okuhara (Jepang): 21-17, 21-16
Gregoria Mariska Tunjung vs Putri Kusuma Wardani: 21-14, 21-17

Ganda Putra

Rahmat Hidayat/Yeremia Erick Rambitan vs Sabar Karyaman/Muhammad Reza Pahlevi: 26-24, 22-24, 24-26

Ganda Putri

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (8) vs Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand): 21-17, 16-21, 21-14

Ganda Campuran

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin (Taiwan): 21-19, 21-19
Adnan Maulana/Nita Violina Marwah vs Jan Colin Voelker/Isabel Lohau (Jerman): 21-11, 21-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat