sveosportu.com

Instalasi Seni Gambarkan Momen Heroik Sejarah Piala Eropa

Instalasi seni Euro 2024 tampilkan lukisan momen-momen penting dalam sejarah Piala Eropa karya seniman Belanda, Barry Pirovano (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

– Banyak cara untuk meramaikan ajang sepak bola terbesar Eropa, Euro 2024. Salah satunya melalui karya seni, dan inilah yang dilakukan oleh UEFA.

Markas Besar UEFA baru-baru ini menjadi tuan rumah karya seni unik karya seniman asal Belanda, Barry Pirovano.

Karya seni ciptaan Pirovano kali ini dibuat untuk merayakan momen-momen heroik para pesepak bola dan peristiwa tidak terlupakan sepanjang sejarah Piala Eropa.

Para pengunjung markas besar UEFA mendapat suguhan selama beberapa minggu lalu dengan hadirnya pameran seni baru bertajuk “EURO: Moments of Glory".

Pameran ini didedikasikan untuk momen-momen ikonik dalam sejarah kompetisi.

Instalasi tersebut mencakup 17 karya unik dari Pirovano. Poster pameran menampilkan Piala Henri Delaunay disertai interpretasi peristiwa dan para pemain besar selama 64 tahun terakhir.

Mulai dari kiper legendaris Uni Soviet, Lev Yashin, yang mengenakan jersey hitam ikoniknya (salah satunya dipajang secara permanen di markas UEFA) pada tahun 1960.

Hingga kiper lainnya, Gianluigi Donnarumma (Italia), yang tampil heroik dalam final Euro 2020 lalu.

Poster Pirovano merayakan 16 edisi turnamen sebelumnya, dengan garis besar yang jelas dari para legenda macam Antonin Panenka, Michel Platini, Marco van Basten, hingga Fernando Torres di antara mereka.

“Saya telah terbiasa menggambar pesepak bola sejak lama,” kata Pirovano, yang berasal dari pantai barat Belanda. 

“Ketika saya masih kecil, selalu ada acara sepak bola di televisi di rumah, dan kenangan nyata pertama saya adalah pertandingan Prancis vs Brasil pada Piala Dunia 1986 di Meksiko,” ia menambahkan.

"Pemahaman saya tentang sejarah bergantung pada turnamen final. Misalnya, jangan tanya saya apa yang saya lakukan pada musim panas 2000.”

“Tetapi ketika saya memikirkan turnamen itu, saya tahu persis di mana saya menonton pertandingan yang mana."

Instalasi seni tersebut berada di House of European Football di Swiss hingga awal April 2024, sebelum dibawa ke Jerman untuk dipamerkan sepanjang turnamen musim panas ini. 

Anda dapat melihat setiap karya seni secara online melalui saluran Instagram resmi UEFA.

EURO: Moments of Glory” adalah instalasi seni terbaru yang merayakan keindahan permainan sepak bola.

Sebelumnya pada dua tahun lalu, UEFA mengundang seniman wanita dari negara-negara yang berpartisipasi dalam UEFA Women's Euro 2022 untuk menciptakan citra yang terinspirasi oleh olahraga di negara mereka. 

Hasilnya adalah “Trailblazers”, sebuah kaleidoskop gaya dan guratan yang disatukan dalam satu galeri.

Euro2024 akan dimulai di Munchen, Jerman, pada 14 Juni 2024, dengan laga final akan dimainkan satu bulan kemudian di Olympiastadion Berlin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat