sveosportu.com

Sikap Tidak Sportif di Futsal, Evan Soumilena Dihukum

Cover Evan Soumilena.

- Pivot andalan Timnas futsal Indonesia, Evan Soumilena dinyatakan melakukan pelanggaran kepada perangkat pertandingan dan dijatuhi hukuman.

Sebuah insiden tidak terpuji memang sempat terjadi selepas pertandingan Black Steel Papua melawan Kancil WHW Kalbar di Pro Futsal League 2023-2024.

Tepatnya pada pekan ke-10 di GOR Tegal Selatan, Tegal, 1 Juni 2024, duel itu ditutup dengan luapan kekecewaan Evan Soumilena kepada pengadil lapangan.

Atas perbuatannya tersebut, pivot Black Steel itu pun resmi dihukum larangan bermain empat laga oleh Komisi Disiplin (Komdis) Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Keputusan itu tertuang dalam surat bernomor 109/PFL/KD-FFI/II/2024 yang dijelaskan karena tidak mengindahkan sikap sportif, respect dan fair play terhadap perangkat pertandingan.

Sikap yang dimaksud di atas adalah tidak bersalaman dengan wasit selepas laga, serta mengejar dan mengintimidasi wasit yang memimpin pertandingan.

Karena kelakuannya itu, Evan Soumilena yang merupakan top skor Pro Futsal League 2022-2023 terjerat Pasal 50 ayat 1(a) dan Pasal 13 Kode Disiplin PSSI 2023.

Bukan sekadar sanksi larangan bertanding, pemain yang dijuluki Evanmovic itu juga mendapatkan hukuman denda sebesar Rp10.000.000 (10 juta Rupiah).

Evan Soumilena saat membela timnas futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/)
Pivot Black Steel Papua, Evan Soumilena saat membela Timnas futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/)

Dengan sanksi yang dijatuhi oleh Komdis FFI, Evan Soumilena harus absen saat Black Steel bersua Giga FC, Halus FC, Kinantan FC, dan Sadakata United.

Tepatnya pada pekan ke-12 dan 13 Pro Futsal League 2023-2024 yang digelar pada 6, 7, 13, dan 14 Juli 2024, keseluruhan di GOR Nambo, Tangerang.

Meski begitu, Black Steel selaku klub pemilik Evan Soumilena diperbolehkan melakukan banding terkait hukuman yang dijatuhi oleh Komdis FFI tersebut.

Akan tetapi jika di kemudian hari sang pemain kedapatan mengulangi kesalahan atau dianggap melanggar disiplin, maka bisa mendapatkan sanki yang lebih berat.

Adapun Black Steel yang menargetkan juara di Pro Futsal League 2023-2024, tentu sangat membutuhkan jasa Evan Soumilena di sisa pertandingan musim ini.

Mereka saat ini ada di peringkat kedua klasemen sementara, menempel ketat tim juara bertahan Bintang Timur Surabaya pada posisi teratas dengan selisih satu poin.

Sementara itu pivot berusia 27 tahun tersebut tercatat sudah menciptakan 14 gol untuk Black Steel sejauh musim ini bergulir dan bersaing dalam daftar top skor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat