sveosportu.com

Jelang Olimpiade 2024, Polusi Sungai Seine Mengkhawatirkan

Olimpiade Paris 2024

– Pada Senin (8/4/2024) kemarin, badan amal air Prancis, Surfrider Foundation, menyampaikan peringatan terkait polusi dan level kualitas air di Sungai Seine yang masih mengkhawatirkan.

Surfrider mengatakan pihaknya telah menganalisis tes yang dilakukan di laboratorium selama enam bulan dan menyimpulkan bahwa air sungat tercemar dan berpotensi berbahaya.

Dalam surat terbukanya, badan amal yang bermarkas di Biarritz, barat daya Prancis itu mengatakan mereka berharap para pemangku kepentingan lebih memperhatikan masalah ini menjelang Olimpiade Paris 2024.

“Kami ingin berbagi kekhawatiran dengan stakeholder mengenai kualitas Sungai Seine dan juga risiko yang dihadapi para atlet yang bertanding di air yang terkontaminasi,” bunyi pernyataan Surfrider Foundation.

Surfrider menjelaskan pengujian dilakukan laboratorium Eau de Paris dan kelompok analisis lingkungan Analy-Co dari September 2023 hingga Maret 2024 di bawah Jembatan Alexandre III dan I’Alma, di mana beberapa cabang olahraga Olimpiade akan berlangsung. 

Sementara itu, Otoritas Paris tengah berpacu dengan waktu untuk membersihkan Sungai Seine sebelum Olimpiade Paris 2024 dimulai 26 Juli mendatang. Dan jalur air terkenal ini bakal memainkan peran penting sepanjang gelaran multievent olahraga terbesar di dunia.

Sungai Seine sudah diplot sebagai lokasi opening ceremony (upacara pembukaan) Olimpiade Paris dan juga akan digunakan sebagai venue renang maraton dan triathlon, jika masalah polusi bisa ditanggulangi. 

Sekitar 1,4 miliar euro (setara Rp24,1 triliun) dikeluarkan Prancis untuk meningkatkan fasilitas pengolahan limbah dan air hujan di wilayah Paris selama satu dekade terakhir demi memperbaiki kualitas Sungai Seine.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat