sveosportu.com

Kabar Buruk Menimpa Persib Jelang Final Liga 1 2023-2024

cover persib

- Kabar buruk menimpa Persib Bandung menjelang final Liga 1 2023-2024. Menyusul, mereka terkena sanksi dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI lantaran adanya perilaku buruk tiga penonton yang menginvasi ke lapangan.

Tingkah laku buruk penonton itu terjadi saat Persib menjamu Bali United pada leg kedua semifinal Liga 1 2023-2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5/2024). 

Berdasarkan surat keputusan Komdis PSSI bernomor 223/L1/SK/KD-PSSI/V/2024 yang ditandatangani Ketua Komdis PSSI, Eko Hendro Prasetyo, imbasnya Persib didenda Rp50 juta. Komdis pun menegaskan sudah memiliki bukti yang cukup untuk menjatuhkan sanksi tersebut.

Disebutkan, apa yang dilakukan penonton tersebut melanggar Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023.

"Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat," tulis Komdis PSSI.

Sementara itu, Vice President PT PERSIB Bandung Bermartabat, Andang Ruhiat, tentu saja mengecam masih adanya Bobotoh, sebutan untuk suporter Persib, yang melakukan tindakan invasi ke lapangan yang ujungnya berbuah sanksi untuk tim berjulukan Maung Bandung.

Andang pun meminta dengan tegas kepada Bobotoh agar tidak melakukan hal tersebut lagi dan tindakan melanggar lainnya pada laga final nanti. Mengingat, bakal ada ancaman sanksi yang lebih berat jika kejadian serupa terulang.

"Bukan hanya menyanyangkan, kita mengecam aksi masuk ke lapangan itu. Ini preseden buruk di tengah perjuangan Persib meraih trofi juara. Jangan ulangi di pertandingan final! Dukung Persib dari atas tribun penonton saja," ujar Andang.

Seperti diketahui, pada laga final Liga 1 2023-2024, Persib bakal menghadapi Madura United. Laga final tersebut digelar dalam dua leg.

Pada leg pertama, Persib akan menjamu terlebih dahulu Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, 26 Mei nanti.

Sedangkan leg kedua digelar di Stadion Gelora Bangkalan, 31 Mei 2024.

Sebelumnya, Persib berhasil menyingkirkan Bali United di babak semifinal dalam dua leg dengan agregat skor 4-1.

Ini adalah ketiga kalinya Persib berhasil melaju ke final kompetisi kasta tertinggi sejak era Liga Indonesia. Dua edisi sebelumnya, mereka berhasil menjadi juara pada musim 1994-1995 ketika masih bernama Liga Indonesia, kemudian era Indonesia Super League 2014.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat