sveosportu.com

Kenan Yildiz Tampil Impresif Lawan Italia

Penyerang sayap Timnas Turki, Kenan Yildiz. (Jovi Arnanda/Skor.id).

- Laga Italia vs Turki yang berakhir dengan hasil imbang tanpa gol, 0-0, menempatkan Kenan Yildiz dalam perhatian.

Meski tidak mencetak gol dan laga berakhir tanpa gol, performa Kenan Yildiz dalam pertandingan yang digelar di Stadion Renato Dall'Ara ini dinilai positif.

Kiper legendaris Juventus, Gianluigi Buffon dan Pelatih Timnas Turki, Vincenzo Montella, memberikan pujian terhadap pemain muda yang berasal dari klub Juventus tersebut setelah performa yang ditampilkannya menghadapi Italia.

Dalam laga uji coba yang digelar pada Rabu (5/6/2024) dini hari WIB tersebut, Vincenzo Montella memang menurunkan Kenan Yildiz sebagai starter di lini depan dalam formasi 4-2-3-1.

Kenan Yildiz bermain sebagai penyerang sayap kanan bersama Yusuf Yazici dan Oguz Aydin. Ketiganya mendukung pergerakan Baris Yilmaz sebagai penyerang tunggal.

"Kenan Yildiz pesepak bola sejati. Saya melihat dia semakin berkembang dibandingkan dengan pertemuan terakir kami sebelumnya," kata Vincenzo Montella, terkait performa pemain muda ini di laga lawan Italia.

"Namun, harus diingat pula dia masih berusia 18 tahun (tepatnya 19 tahun) karena itulah dia masih bisa terus berkembang lebih baik lagi," Vincenzo Montella menambahkan.

Penampilan Kenan Yildiz dalam pertandingan ini juga menarik perhatian dari Gianluigi Buffon, legenda kiper Timnas Italia yang juga legenda Juventus, klub Kenan Yildiz saat ini.

"Jika Kenan Yildiz bisa terus memperlihatkan perkembangangan dirinya, dia akan menjadi pemain yang sangat penting di Juventus," kata Gianluigi Buffon, kapada Sky Sport Italia setelah laga tersebut berakhir.

Peluang Kenan Yildiz tampil mengejutkan di Euro 2024 juga sangat terbuka dengan performa yang diperlihatkan saat lawan Italia. Hanya, memang, di laga ini dirinya tidak beruntung karena pertahanan Italia yang kokoh.

Kenan Yildiz tampil penuh di laga ini sejak menit pertama hingga laga berakhir. Dalam 90 menit tersebut, dia menyentuh bola 28 kali dan melakukan dua tembakan yang semuanya mampu diblok pemain Timnas Italia.

Kenan Yildiz sekali menggiring bola dan berhasil. Akurasi operannya menurut Sofascore 12 kali berhasil dari 16 kali melakukan operan.

Dengan usia yang baru 19 tahun pada 4 Mei lalu, bintang yang lahir pada 2005 ini merupakan pemain masa depan harapan Timnas Turki.

Tiga Pemain Berusia 19 Tahun

Selain Kenan Yildiz, Vincenzo Montella juga memanggil dua pemain berusia belasan lainnya yaitu gelandang Can Ozun (18 tahun) dan Arda Guler yang juga berusia 19 tahun.

Ketiga pemain ini bermain di klub top Eropa. Kenan Yildiz di Juventus (Italia), Arda Guler di Real Madrid (Spanyol), dan Can Uzun di FC Nurnberg (Jerman).

Kenan Yildi kini telah tampil dalam 6 laga bersama Timnas Turki dan mencetak satu gol. Kenan Yildiz mencetak gol tersebut pada 18 November 2013 dalam kemenangan 3-2 atas Jerman.

Ketika gol itu dia ciptakan Kenan Yildiz mencatat rekor sebagai pemain yang mampu mencetak gol sebelum berusia 19 tahun.

Dia menyamai pencapaian Arda Guler, atau legenda pemain Timnas Turki seperti Nuri Sahin dan Kemal Faruki yang mencetak gol untuk TUrki sebelum usianya 19 tahun.

Kini, peluangnya untuk tampil di Euro 2024 masih sangat terbuka dengan performa yang ditampilkannya dalam laga lawan Italia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat