sveosportu.com

Kesan Calvin Verdonk di Awal Gabung Timnas Indonesia

Pemain NEC Nijmegen, Calvin Verdonk yang sedang diproses naturalisasi untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

- Pemain Keturunan, Calvin Verdonk mengaku sangat terkesan setelah merasakan latihan perdana bersama Timnas Indonesia pada Jumat (31/5/2024).

Calvin Vardonk yang semula tidak ada dalam daftar panggilan pemain, secara mengejutkan mengikuti agenda Timnas Indonesia di Stadion Madya, Jakarta.

Kehadiran pemain yang masih menunggu proses naturalisasinya rampung itu pada latihan skuad Garuda jadi permintaan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Setelah menjalani latihan perdana bersama skuad Garuda, Calvin Verdonk pun mengaku nyaman dan senang akhirnya bisa bergabung dengan Timnas Indonesia.

"Saya sangat senang bisa berada di sini. (Cuacanya) Sangat bagus, saya menyukainya. Ini adalah sesi latihan yang ringan," katanya saat ditemui setelah latihan.

"Hanya melakukan set-piece dan beberapa latihan lainnya. Tentu, ini adalah latihan yang bagus," Calvin Verdonk menambahkan kepada awak media.

Pemain berusia 27 tahun itu mengaku dibantu Ragnar Oratmangoen dalam beradaptasi di Timnas Indonesia. Ia pun merasa diterima dengan baik para pemain dan tim pelatih.

Suasana latihan Timnas Indonesia bersama Calvin Verdonk.
Suasana latihan Timnas Indonesia bersama Calvin Verdonk di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (31/5/2024). (Nizar Galang/)

"Saya telah berbicara dengan Ragnar sebelumnya dan apa yang ada di sini. Kami kenal satu sama lain sebelumnya. Karena mereka, saya merasa sangat diterima di sini, di Indonesia," kata Calvin Verdonk.

"(Shin Tae-yong) Baik, dia memperkenalkan saya kepada para pemain. Saya merasa diterima oleh tim karena dia juga," ia memungkasi.

Adapun Calvin Verdonk memang sedang diusahakan untuk bisa menjalani debut membela Timnas Indonesia di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Namun proses naturalisasinya masih terhenti karena belum mendapat persetujuan dari DPR RI dan kemungkinan baru dilanjut pada awal pekan depan.

Dengan begitu, ia tentu harus menunggu lebih lama untuk membela Timnas Indonesia di pertandingan resmi, sekalipun sudah menjadi bagian dari skuad yang berlatih.

Pasukan Garuda akan menjalani dua laga terakhirnya di Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada FIFA Matchday periode Juni 2024.

Timnas Indonesia dijadwalkan menjamu Irak dan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 6 dan 12 Juni 2026.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat