sveosportu.com

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Wakil ASEAN Harap-harap Cemas

kualifikasi piala dunia 2026.jpg

- Putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menyisakan satu laga pamungkas. Namun, hingga kini belum ada wakil ASEAN yang memastikan langkah ke babak selanjutnya.

Saat ini, ada empat tim Asia Tenggara yang masih berpeluang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Mereka adalah Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Vietnam.

Thailand diketahui berada di peringkat ketiga Grup C. Tim berjuluk Gajah Perang itu terpaut tiga poin dari Cina yang ada di posisi kedua.

Ditahan imbang sang rival 1-1 di Shenyang, Kamis (6/6/2024) lalu, membuat penentuan akan terjadi pada pertandingan terakhir.

Thailand harus bisa menghajar Singapura dengan margin tiga gol, sembari berharap Cina tumbang oleh Korea Selatan. Ini karena mereka perlu menyalip selisih gol Dragon Team.

Skenario serupa juga dibutuhkan Malaysia di Grup D. Tapi, perjuangan Harimau Malaya jauh lebih berat.

Sebab, selisih gol mereka dengan Kirgiztan di peringkat kedua terpaut 8 (+6 dan -2). Malaysia bukan hanya harus menang lawan Taiwan dengan margin tiga gol, tapi berharap Kirgiztan kalah dari Oman minimal lima gol.

Tim asuhan Kim Pan-gon tentu menyesali kegagalan mereka mengalahkan Kirgiztan, pekan lalu, dan hanya bermain imbang 1-1.

Kasus Indonesia dan Vietnam di Grup F sedikit berbeda. 

Secara teknis, satu wakil ASEAN dipastikan lolos sebagai runner-up di grup ini. Tapi, kita belum tahu siapa.

Indonesia masih unggul satu poin (7) dari Vietnam (6), tapi itu bisa berubah di laga pamungkas.

Seandainya Garuda kalah dari Filipina dan Vietnam minimal imbang di kandang Irak, tiket bisa melayang ke genggaman The Golden Star Warriors. Selisih gol lagi-lagi menjadi penentu.

Jadi, bagi Indonesia, kemenangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) mendatang, adalah harga mati.

Adapun tiga tim ASEAN lain sudah tak punya harapan melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Myanmar hanya mengoleksi satu poin dari lima laga, dipastikan finis sebagai juru kunci Grup B. Hal serupa juga dialami Singapura di Grup C.

Filipina pun tak berbeda. Tim berjuluk The Azkals itu hanya mampu sekali mencuri poin dari Indonesia di Grup F, sisanya tumbang.

Ketiga tim ini akan melanjutkan perjuangan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2027.

Hasil tim-tim ASEAN di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (6/6/2024):

Grup B
Myanmar 0-5 Jepang

Grup C
Cina 1-1 Thailand
Singapura 0-7 Korea Selatan

Grup D
Kirgiztan 1-1 Malaysia

Grup F
Indonesia 0-2 Irak
Vietnam 3-2 Filipina

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat